Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Mirip, Redmi Note 9 dan Note 9 Pro Beda "Otak"

Kompas.com - 09/06/2020, 20:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Xiaomi baru saja memperkenalkan dua jagoan barunya di Indonesia, yakni Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Dua smartphone tersebut sama-sama mengusung desain yang terlihat lebih "segar" dibanding model terdahulu

Bagian muka mereka kini mengusung desain dotdisplay, istilah Xiaomi untuk layar dengan lubang kamera punch hole. Desain ini memang mulai membumi di smartphone kelas menengah.

Empat kamera belakang juga terpatri di modul berbentuk persegi. Tidak cuma itu, di Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, Xiaomi juga sama-sama menyematkan chip dengan embel-embel gaming. Namun, meski mirip, kedua ponsel ini sebenarnya berbeda "otak".

Baca juga: Redmi Note 9 dan Note 9 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Redmi Note 9 mengandalkan MediaTek Helio G85, sementara Redmi Note 9 Pro ditenagai Snapdragon 720G. Salah satu alasannya adalah karena kedua ponsel menyasar generasi Z yang hobi main game.

Country Director Xiaomi Indoensia, Alvin Tse mengatakan bahwa gaming mobile adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan generasi muda saat ini.

Xiaomi juga secara khusus menggandeng salah satu tim eSport besar di Indonesia, Bigetron.
Ini adalah kerja sama pertama kali antara Xiaomi dan Bigetron. "Kami sangat senang melihat bagaimana pengalaman para gamer bermain di Redmi Note 9 series," kata Alvin.

Bisa gaming, bisa untuk yang lain

Redmi Note 9 yang ditenagai Helio G85 juga diklaim memiliki performa mumpuni untuk game. Menurut Alvin, performa chipset MediaTek ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Performa chip Mediatek sudah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk kinerja CPU," jelas Alvin setelah peluncuran Redmi Note 9, Selasa (9/6/2020).

Itu sebabnya, Xiaomi memutuskan untuk memasang chip Mediatek Helio G85 di jantung Redmi Note 9. Berkebalikan dari tahun lalu, di mana Xiaomi justru memasang chipset Mediatek Helio G90T di Redmi Note 8 Pro, sementara Redmi Note 8 dibekali Snapdragon 665.

Redmi Note 9 sekaligus menjadi smartphone pertama di Indonesia yang dibekali chip Mediatek Helio G85.

Baca juga: Pengguna Redmi Note 9 Pro Bisa Selfie Layaknya Pakai iPhone 11

Alvin mengklaim bahwa performa Mediatek Helio G85 20 persen lebih tinggi dibanding Snapdragon 665 yang tersemat di Redmi Note 8.

Redmi Note 9 Pro  juga menjadi seri Redmi Note pertama Xiaomi yang mengadopsi chip seri Snapdragon 700. "(Snapdragon 720G) bukan hanya powerful tapi juga efisien secara konsumsi daya, ini juga sangat dingin," kata Alvin.

Lalu, apakah Redmi Note 9 dan Note 8 Pro hanya ditujukan untuk kalangan penggemar game? Ternyata tidak juga. Menurut Alvin, apabila andal dalam hal gaming, maka ponsel pun mumpuni buat aneka hal lain.

"Bisa digunakan untuk melaukan tugas sehari-hari dengan baik juga, seperti browsing, nonton video, membuat presentasi, dan kegiatan lain," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com