MediaTek Diduga Curangi Skor "Benchmark", Ini Kata Xiaomi Indonesia

Kompas.com - 10/06/2020, 09:58 WIB
Tampak depan Redmi Note 8 Pro Kompas.com/Wahyunanda KusumaTampak depan Redmi Note 8 Pro

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, perusahaan semikonduktor MediaTek diduga melakukan kecurangan dalam mentapkan skor benchmark smartphone.

MediaTek diduga menyusupkan serangkaian kode yang tersimpan di dalam file.

Kode tersebut konon bisa memacu hardware ponsel untuk selalu berada di performa maksimal ketika aplikasi benchmark seperti AnTuTu atau Geekbench diaktifkan.

Kasus ini terungkap diungkap AnandTech yang menguji coba beberapa smartphone, salah satunya adalah smartphone milik Xiaomi yakni Redmi Note 8 Pro yang menggunakan chipset Helio G90T.

Dalam perangkat Redmi Note 9 yang baru saja resmi masuk ke Indonesia, Xiaomi juga mengandalkan chipset besutan MediaTek, yakni Helio G85. Lantas bagaimana tanggapan Xiaomi Indonesia terkait isu tersebut?

Secara umum, Xiaomi Indonesia enggan banyak berkomentar soal kasus ini.

Baca juga: MediaTek Diduga Curangi Skor Benchmark

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia justru menyarankan Mi Fans agar tidak menjadikan skor benchmark sebagai satu-satunya patokan performa smartphone. Apalagi ketika memilih smartphone untuk gaming.

"Ketika berbicara soal gaming, kami mengimbau agar pengguna bisa merasakan langsung dengan bermain game," kata Alvin dalam sesi tanya jawab dengan media setelah peluncuran Redmi Note 9 series, Selasa (9/6/2020).

"Jangan selalu terpaku dengan angka benchmark, angka hanya satu nilai," imbuhnya.

Ia juga mengatakan, setiap kali Xiaomi akan mengumbar skor benchrmark, mereka lebih dulu mengujinya di lab Xiaomi. Aplikasi benchmarking yang digunakan juga versi terbaru.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X