Oppo Pastikan Akan Bikin Chip untuk Smartphone

Kompas.com - 10/06/2020, 13:12 WIB
Oppo Office androidauthority.comOppo Office
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Tak hanya berfokus dalam menggarap produk ponsel, kini Oppo mulai merambah ke sektor pembuatan chip untuk smarphone.

Rumor soal niatan Oppo membikin chip sendiri sebenarnya sudah beberapa lama beredar. Belakangan, kabar itu dikonfirmasi oleh President Business of Oppo China, Liu Bo.

Dia mengatakan bahwa Oppo akan memulai dengan menggandeng sejumlah mitra untuk merancang dan memproduksi chip smartphone buatan sendiri.

Baca juga: Rupiah Menguat, Smartphone Oppo Turun Harga

"Dalam mengembangkan teknologi chip, hal ini dapat menjadikan teknologi tersebut sebagai nilai penting bagi pertumbuhan kami (Oppo) di masa depan," kata Liu.

Sebelumnya, Oppo diketahui sempat mematenkan system-on-chip ( SoC)bernama "M1" di kantor paten Eropa, EUIPO. M1 diduga merupakan calon chip untuk smartphone Oppo.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (10/6/2020), kabar yang beredar menyebutkan bahwa Oppo sudah merekrut engineer dari pabrikan chip seperti Qualcomm dan MediaTek sejak 2019.

Dua perusahaan tersebut selama ini memasok aneka produk chip bikinannya untuk dipakai di smartphone Oppo. Samsung juga bermitra dengan Oppo dalam hal itu.

Chip Oppo, apabila sudah siap diproduksi nanti, bisa menjadi poin diferensiasi yang membedakan smartphone Oppo dari produk-produk sejenis lainnya di pasaran.

Membuat chip sendiri untuk ponselsebenarnya bukan hal baru karena sudah lebih dulu dilakukan oleh tiga vendor smartphone terbesar di dunia, yakni Apple (A Series), Samsung (Exynos), dan Huawei (Kirin).

Baca juga: Oppo RIlis Earphone TWS Enco W51 dan Gelang Pintar Oppo Band

Selain Samsung yang memiliki pabrik sendiri, vendor lain bergantung pada pabrikan seperti TSMC untuk memproduksi chip rancangannya.

Huawei belakangan tersandung masalah setelah tidak bisa melanjutkan kerja sama dengan TSMC, akibat blacklist Amerika Serikat.

Oppo dikabarkan berminat merekrut pegawai dari divisi semikonduktorHuawei, HiSilicon, untuk membantu pengembangan chip bikinannya.



Sumber Gizmochina
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X