Pendiri Reddit Mundur dari Jabatan, Bentuk Solidaritas Atas Kematian George Floyd

Kompas.com - 10/06/2020, 15:36 WIB
Co-founder Reddit, Alexis Ohanian. MashableCo-founder Reddit, Alexis Ohanian.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dukungan terhadap komunitas kulit hitam dengan slogan Black Lives Matter, terus berdatangan. Gelombang dukungan ini bermunculan setelah kasus kematian pria keturunan Afrika-Amerika, George Floyd akhir Mei lalu.

Kali ini, dukungan datang dari pendiri (co-founder) forum online Reddit, Alexis Ohanian yang memilih untuk mengundurkan diri dari jajaran direksi. Ia lantas meminta posisinya digantikan oleh anggota direksi baru yang berkulit hitam.

Lewat jejaring sosial Twitter, ia mengunggah sebuah video pendek untuk mengungkapkan alasan mengapa ia berani untuk mundur dari perusahaan yang ia rintis bersama Steve Huffman selama kurang lebih 15 tahun itu.

"Saya terlambat untuk melakukan hal yang benar. Saya melakukan hal ini (mengundurkan diri) untuk diri saya pribadi, keluarga, dan negara saya," tutur Ohanian.

Baca juga: Mengenang Pendiri Situs Reddit yang Memilih Mengakhiri Hidupnya

"Saya menyatakan pengunduran diri ini sebagai seorang ayah yang perlu menjawab pertanyaan sederhana dari seorang anak perempuannya yang berkulit hitam. Ia bertanya '(ayah), apa yang akan kamu lakukan?'," imbuh Ohanian.

Diketahui, istri Ohanian merupakan seorang petenis profesional berkulit hitam, Serena Williams. Serena dan Ohanian lantas memiliki anak bernama Alexis Olympia Ohanian yang lahir pada 2017 lalu.

Selain resign, Ohanian juga berencana untuk mendonasikan keuntungan yang bakal diraupnya dari kepemilikan saham Reddit kepada sejumlah komunitas kulit hitam.

Untuk permulaan, ia berencana untuk menyumbang uang sekitar 1 juta dolar AS (Rp 13,8 miliar) kepada organisasi non-profit besutan Colin Kaepernick, Know Your Rights Camp.

Baca juga: Hacker Murka Pasca Kematian George Floyd

Terkait keputusan besar yang diambil bos Reddit ini, pendiri akselerator startup dan co-working space OHUB, Rodney Sampson juga turut berkomentar.

Ia mengatakan bahwa perusahaan teknologi dianjurkan untuk mempekerjakan karyawan dengan segala latar belakang.

"Perusahaan teknologi disarankanuntuk merekrut (orang kulit berwarna) di semua tingkatan, baik dari posisi di ruang dewan hingga di ruang ketel," kata Rodney sebagaimana dikutip KompasTekno dari Mashable, Rabu (10/6/2020).

"Kalau perusahaanmu merupakan startup yang didanai oleh perusahaan modal, kamu sebaiknya merekrut orang berkulit hitam untuk memegang posisi di jajaran direksi," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Mashable
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X