Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpang Siur Batas FUP Internet IndiHome, Ini Jawaban Telkom

Kompas.com - 11/06/2020, 11:28 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, pengguna IndiHome ramai mengeluhkan fair usage policy (FUP). Beberapa pengguna mengaku informasi FUP di aplikasi myIndiHome mereka berubah dari sebelumnya.

FUP adalah kebijakan batas pemakaian internet, yang apabila mencapai kuota tertentu, kecepatan akan diturunkan.

Pelanggan IndiHome mengeluhkan informasi FUP yang terpampang di aplikasi MyIndiHome berkurang dari yang sebelumnya tertera. Seperti yang dikeluhkan salah satu warganet dengan akun @suhrika.

"Kok saya lihat berkurang drastis banget ya fair usage policy-nya? Tanpa pemberitahuan juga loh," twitnya.

Twit senada juga dikeluhkan pengguna IndiHome lainnya. Seperti yang diunggah akun @afif_usman dan @ivan_pepe berikut.

Ada pula pengguna yang mengeluh adanya perubahan informasi kecepatakan paket yang mereka pilih. Dari semula 50 Mbps menjadi 30 Mbps.

Keluhan mereka pun ditanggapi akun Twitter layanan konsumen @IndiHome. Rata-rata, jawaban yang diberikan senada.

Baca juga: IndiHome Punya 7 Juta Pelanggan, Pendapatan Setahun Rp 18 Triliun

"Sebagai informasi untuk ketentuan FUP tidak ada perubahan baik dari sisi pelanggan maupun kami, dimana data yang tampil pada aplikasi myIndiHome saat ini menampilkan pemakaian batas awal (tanpa throttling) selebihnya tetap sama," jawab akun @IndiHome.

Customer service IndiHome juga mengatakan bahwa ada perubahan tampilan informasi FUP, yang sebelumnya ditampilan FUP keseluruhan, namun saat ini hanya ditampilan FUP pertama saja, sehingga jumlahnya terlihat berkurang.

Sebagai contoh, apabila pelanggan mendaftar paket internet 20 Mbps, maka informasi FUP pertama yang tertera adalah 500 GB (FUP 1). Sementara informasi batas FUP kedua atau keseluruhan yang 800 GB, tidak ditampilkan.

Beda paket beda FUP

Saat dikonfirmasi KompasTekno, President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo juga mengatakan bahwa FUP setiap pelanggan bergantung pada jenis paket IndiHome yang dipilih.

Ada tiga pilihan paket yang ditawarkan, yakni Single Play (internet), Dual Play (internet dan telepon), dan Triple Play (internet, telepon, dan TV).

Artinya, meskipun kecepatan awal internet yang dipilih sama, tapi paket yang digunakan berbeda, hal itu akan memengaruhi informasi FUP. Arif menyontohkan pengguna yang sama-sama berlangganan IndiHome dengan kecepatan awal 20 Mbps.

"FUP kedua pelanggan tersebut berbeda karena pelanggan pertama memilih paket IndiHome Single Play dengan kecepatan 20 Mbps, sehingga FUP yang diberlakukan adalah sebesar 550 GB (500 GB dari paket yang dipilih dan tambahan 50 GB bonus di masa pandemi COVID-19)," jelas Arif.

Baca juga: Batasi Kuota Internet IndiHome, Telkom Dipetisi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com