PlayStation 5 Punya Versi "Digital Edition", Apa Itu?

Kompas.com - 12/06/2020, 09:36 WIB
Kiri-kanan: PS 5 dan PS5 Digital Edition YouTube SonyKiri-kanan: PS 5 dan PS5 Digital Edition

KOMPAS.com - Sony pada Jumat (12/6/2020) dini hari tadi secara resmi mengungkap wujud konsol game terbarunya, PlayStation 5 ( PS5). Namun yang mengejutkan, konsol tersebut juga memiliki versi digital.

Mengusung nama PS5 Digital Edition, konsol versi digital ini tidak memiliki slot/drive cakram optik di bagian depan, seperti yang nampak pada foto resmi yang diunggah Sony.

Artinya, pengguna yang membeli PS5 Digital Edition tidak perlu membeli cakram Blu-ray fisik, melainkan cukup membeli versi digital dengan cara mengunduhnya dari PS Store.

Baca juga: Resmi Diumumkan Sony, Ini Dia Penampakan PlayStation 5

"Pengalaman bermain game-nya bakal sama, jadi Anda tinggal pilih saja suka yang mana," tulis Sony dikutip KompasTekno dari blog resmi PlayStation, Jumat (12/6/2020).

Sony juga mengatakan bahwa walau ada sedikit perbedaan tampilan di antara keduanya, namun secara desain keseluruhan, mereka ingin menghadirkan konsol yang berani, menawan, dan berbeda dari generasi PlayStation terdahulu.

PS5 reguler (kiri) dan PS5 Digital Edition (kanan) yang tanpa slot cakram Blu-ray.Blog Sony PlayStation PS5 reguler (kiri) dan PS5 Digital Edition (kanan) yang tanpa slot cakram Blu-ray.
Secara desain, dengan dihilangkannya drive cakram optik, PS5 Digital Edition memang terlihat lebih ramping dibandingkan dengan PS5 edisi reguler.

Tidak ada bagian yang "menggembung" di tempat slot Blu-ray berada.

Namun, ini artinya pembeli juga bakal kehilangan fungsi pemutar Blu-ray dalam konsol PS5.

Seperti diketahui, drive optik di konsol PlayStation bukan hanya bisa "membaca" game saja, melainkan juga film/video dalam format Blu-ray, layaknya pemutar VCD/DVD pada zaman dulu.

Baca juga: Inilah Daftar 24 Game yang Akan Hadir di PS5

Tombol-tombol yang dimiliki PS5 Digital Edition juga lebih sedikit. Hanya ada tombol daya saja untuk menyalakan/mematikan konsol, tidak ada tombol Eject untuk mengeluarkan cakram Blu-ray.

Sebelumnya, pesaing PlayStation, yakni Xbox sudah lebih dahulu meluncurkan konsol versi digital seperti ini, lewat seri Xbox One S.

Belum diketahui berapa harga PS5 Digital Edition ini, sebab Sony belum mengumumkannya.

Namun sebagai gambaran, saat Xbox One S versi digital diluncurkan tahun lalu, beda harga dari versi regulernya adalah 50 dollar AS (sekitar Rp 700.000-an).

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X