Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Rilis Photoshop Camera, Aplikasi Edit Foto dengan Filter ala Instagram Stories

Kompas.com - 12/06/2020, 14:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan software asal Amerika Serikat, Adobe, merilis aplikasi Photoshop Camera. Aplikasi ini dibuat khusus untuk smartphone.

Sebagaimana aplikasi lainnya, Photoshop Camera memiliki sejumlah alat penyunting yang berguna untuk memoles foto.

Aplikasi ini memiliki sejumlah fungsi yakni untuk mengatur tingkat eksposure, kontras, saturasi warna, dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki filter dengan beragam tema.

Ada filter dengan tema glitch, pemandangan malam atau siang, atau juga filter yang membuat foto seakan-akan ada di dalam sebuah komik. Gambar yang ingin diedit bisa diambil dari foto yang tersimpan di galeri.

Baca juga: Foto Hasil Photoshop Jadi Korban Kebijakan Baru Instagram

Atau, pengguna juga bisa mengambil langsung lewat kamera dengan menggunakan aplikasi ini. Nantinya pengguna bisa sekaligus membubuhkan filter yang diinginkan.

Cara kerjanya mirip ketika mengambil foto menggunakan kamera di fitur Instagram Stories.

"Tujuan Adobe adalah menghadirkan keajaiban Photoshop langsung ke jendela bidik kamera Anda," kata CTO Adobe, Abhay Parasnis.

Selain foto, pengguna juga bisa merekam video menggunakan filter yang juga mirip dengan Instagram Stories.

Dalam aplikasi ini, Adobe juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempercantik gambar hanya dengan satu sentuhan.

Baca juga: Adobe Rilis Aplikasi Photoshop Khusus iPad

Adobe menyediakan tombol "magic wand" atau tongkat sulap yang dapat memoles foto secara otomatis.

Melihat segala fitur dan filter yang diusung, muncul dugaan apakah Adobe ingin bersaing dengan Snapchat dan Instagram yang memiliki fitur serupa.

Namun, Parasnis tidak mau disebut ingin menyaingi kamera sosial media seperti Instagram dan Snapchat.

"Saya tidak melihat kami berkompetisi dengan aplikasi sosial media atau aplikasi OS kamera," kata Parasnis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (12/6/2020).

Aplikasi Adobe Photoship Camera memiliki beragam filter.The Verge Aplikasi Adobe Photoship Camera memiliki beragam filter.

Tujuan Adobe ke depan adalah menggandeng sejumlah mitra untuk menghadirkan filter di dalam aplikasi atau bahkan kamera bawaan ponsel.

Sebagai langkah awal, Adobe berkolaborasi dengan penyanyi asal Amerika Serikat, Billie Eilish untuk menampilkan filter seusai ciri khas sang penyanyi.

Aplikasi ini sudah tersedia baik di iOS maupun Android. Namun, khusus untuk Android, Photoshop Camera baru hadir di smartphone Pixel, Galaxy, dan OnePlus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com