Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Teknologi Computex Tahun Ini Resmi Dibatalkan

Kompas.com - 12/06/2020, 14:31 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wabah virus Covid-19 yang belum surut hingga paruh pertama tahun 2020, membuat penyelenggara pameran teknologi Computex membatalkan agenda acara untuk tahun ini.

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) selaku penyelenggara Computex Expo 2020 mengumumkan secara resmi pembatalan acara tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (12/6/2020), TAITRA memutuskan untuk menggelar ajang Computex selanjutnya pada tanggal 1-5 Juni 2021 mendatang.

Baca juga: Acara Tahunan Facebook Batal karena Virus Corona

Semula, pameran Computex 2020 dijadwalkan akan digelar pada 2-6 Juni 2020 di Taipei, Taiwan. Namun, efek pandemi Covid-19 yang semakin meluas, membuat pihak penyelenggara menggeser rencana awal di bulan Juni menjadi September 2020.

Namun karena imbas dari wabah Covid-19 yang belum juga mereda, membuat TAITRA membatalkan agenda acara yang sebelumnya rutin digelar tiap tahun itu.

"Pada 11 Juni, ada lebih dari 7.350.000 jiwa di 187 negara di dunia yang terpapar virus,
hal ini berimbas pada perekominan, perdagangan, transportasi, dan sektor pariwisata," tulis TAITRA.

Di Taiwan, TAITRA menyebut bahwa saat ini negaranya hanya memiliki 443 kasus positif corona yang telah terkonfirmasi.

Computex sendiri merupakan ajang bagi perusahaan teknologi untuk memamerkan produk-produk dan solusi hardware atau software terbaru, yang tahun ini termasuk teknologi jaringan 5G, perangkat Internet-of-Things (IoT), gaming, hingga perkembangan startup.

Baca juga: Bill Gates, Ramalan Jitu Wabah Virus, dan Vaksin Anti-corona

Pembatalan ajang Computex ini pun bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada 2003 lalu, TAITRA juga mengambil keputusan serupa saat merebaknya virus SARS yang berdampak serius di Taiwan.

Untuk tetap terhubung dengan Computex di tengah pandemi, TAITRA turut
menghadirkan serangkaian layanan online seperti Computex Online Talks, Inno VEX Online Demo, dan Computex Online 2D Exhibition.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com