Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Oppo Ragu Ponsel "Underscreen Camera" Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 12/06/2020, 18:06 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Tahun lalu, Oppo sempat memperkenalkan teknologi underscreen camera (USC) pada acara Mobile World Conference 2019 di Shanghai.

Meski begitu, Oppo belum banyak menguak tentang teknologi ini, sebab masih dalam tahap finalisasi, karena rancangannya yang rumit, dibandingkan dengan modul kamera depan yang diusung ponsel-ponsel sekarang.

Biasanya, teknologi smartphone yang dikenalkan Oppo akan diimplementasikan dalam waktu dekat, seperti kamera zoom periskop, atau kamera depan yang bisa menyembul naik-turun.

Namun, untuk teknologi underscreen camera ini, Oppo belum akan merilisnya di smartphone buatannya pada tahun 2020 ini. Hal itu disampaikan sendiri oleh Vice President of Oppo, Brian Shen.

Baca juga: Oppo Pamer Ponsel Pertama dengan Kamera Selfie di Bawah Layar

Menurut Shen, masyarakat sebaiknya jangan berharap ada ponsel dengan kamera depan yang tersemat di bawah lapisan layar. Shen menyebut kamera seperti itu akan memengaruhi kualitas foto, dan tidak sebaik kamera depan pada umumnya.

Underscreen camera memungkinkan produsen ponsel menanam kamera depan di bawah permukaan layar ponsel, sehingga permukaan layar terlihat mulus tanpa ada modul kamera depan seperti notch yang bertengger.

Lensa kamera yang berada di bawah lapisan layar (bukan model notch seperti saat ini), juga dinilai Shen akan sulit menangkap objek dengan kualitas gambar beresolusi tinggi.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (12/6/2020), Eksekutif Senior Oppo mengatakan bahwa teknologi underscreen camera (USC) dinilai lebih rumit dan memakan waktu yang cukup lama untuk menyempurnakannya.

Tak hanya itu, pembuatan teknologi kamera di bawah layar juga terbilang mahal dan hanya bisa diadopsi pada seri ponsel kelas atas alias flagship.

Baca juga: Melihat dari Dekat Ponsel Oppo Berkamera Depan di Balik Layar

Namun hal itu menurut Shen sepertinya belum benar-benar dibutuhkan, apalagi mengingat bahwa fungsi kamera di bawah layar justu dapat mengurangi kualitas gambar.

Menurut Shen, untuk menciptakan kamera di bawah layar dalam ponsel dibutuhkan proses sulit yang memakan waktu cukup panjang.

Akan tetapi, besar kemungkinan bahwa teknologi underscreen camera (USC) bisa saja muncul secara komersial setelah tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com