Nilai Valuasi Apple Tembus Rp 21.000 Triliun

Kompas.com - 15/06/2020, 15:16 WIB
Logo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.comLogo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Apple berhasil mencatat capaian baru. Perusahaan asal Cupertino, AS, itu kini memiliki nilai valuasi pasar sebesar 1,5 triliun dollar AS atau sekitar Rp 21.324 triliun.

Angka ini dicapai setelah nilai saham Apple melonjak dari 307 dollar AS (sekitar Rp 4,3 juta) menjadi 357 dollar AS (sekitar Rp 5 juta) dalam waktu satu bulan terakhir.

Valuasi pasar sendiri merupakan nilai sebuah perusahaan yang dihitung berdasarkan harga saham per lembar dari perusahaan tersebut.

Baca juga: Apple Patenkan Teknologi Group Selfie Jarak Jauh

Pencapaian Apple antara lain didongkrak oleh penjualan tinggi di toko aplikasi App Store yang menarik minat investor atas saham Apple.

Tingginya animo masyarakat terhadap desas-desus kedatangan iPhone 12 dan hadirnya arsitektur ARM pada laptop Mac juga semakin memperkuat minat para investor.

Sebelumnya, pple mengaku sempat terperangkap di situasi sulit. Pada Januari 2020 lalu misalnya, nilai jual saham milik Apple dilaporkan turun secara signifikan, yakni sebesar 35 persen hingga Maret lalu akibat pandemi virus corona.

Kini, nilai saham perusahaan tersebut kembali menguat dan dilaporkan akan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: Bos Apple Buka Suara soal Isu Rasisme di Amerika Serikat

Dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Senin (15/6/2020), Apple menjadi perusahaan pertama di Amerika Serikat yang berhasil mencapai valuasi pasar sebesar 1,5 triliun dollar AS.

Menyusul di belakangnya, Microsoft memiliki nilai valuasi pasar 1,4 triliun dollar AS (Rp 19.903 triliun), Amazon 1,32 triliun dollar AS (Rp 18.765 triliun) dan induk Google, Alphabet, sebesar 1 triliun dollar AS (Rp 14.216 triliun).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber TechSpot
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X