Update Windows 10 Dilaporkan Bikin Printer Tak Mau Mencetak

Kompas.com - 15/06/2020, 17:30 WIB
Logo di kantor Microsoft reuters.comLogo di kantor Microsoft

KOMPAS.com - Pembaruan Windows 10 dikenal kerap membawa masalah baru. Kali ini, update terbaru sistem operasi tersebut untuk bulan Juni 2020 banyak dikeluhkan membuat printer tidak bisa dipakai untuk mencetak.

Masalah itu dilaporkan terjadi pada pengguna yang mengunduh pembaruan untuk Windows 10 versi 1903, 1909, dan 2004. Update yang menimbulkan problem adalah KB4560960 dan KB4557957 yang dirilis pada 9 Juni lalu. 

Baca juga: Update Terbaru Windows 10 Bikin Error, Begini Cara Mengatasinya

Keduanya merupakan pembaruan kumulatif berisi aneka perbaikan sekuriti, berikut peningkatan dan perbaikan untuk beragam fitur di Windows 10.

"Saya tak bisa mencetak (dari printer) setelah memasang pembaruan KB4560960 dan/ atau KB4557957," keluh seorang pengguna di forum Microsoft, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BleepingComputer, Senin (15/6/2020).

Dari keluhan-keluhan yang ada diketahui bahwa masalah terjadi di berbagai merek printer, tak hanya brand tertentu saja. "Bahkan printer PDF virtual juga tidak bisa dipakai. Explorer.exe mengalami crash total saat dipakai untuk test print," ujar seorang pengguna lain

Dalam laman keterangan kedua update terkait, Microsoft mengakui bahwa pembaruan KB4560960 dan KB4557957 untuk Windows 10 memang bisa menimbulkan problem pencetakan lewat printer.

Baca juga: Microsoft Pamer Start Menu Baru untuk Windows 10

"Program untuk printing (spooler) dapat mengalami error atau mendadak tertutup saat pengguna coba mencetak, kemudian printer yang terdampak tidak akan mengeluarkan hasil cetakan," tulis Microsoft.

Disebutkan pula bahwa Microsoft kini sedang mengerjakan perbaikan untuk problem printer tersebut, namun belum ada kepastian tanggal rilisnya. 

Sambil menunggu "obat" dari Microsoft, ada cara yang bisa dilakukan sebagai solusi sementara, yakni dengan menghapus (uninstall) update yang bermasalah. Caranya sebagai berikut.

1. Pilih tombol Start atau Pencarian Desktop Windows, ketik riwayat pembaruan (update history) dan pilih Lihat riwayat Pembaruan Anda.
2. Pada jendela dialog Pengaturan atau Lihat pembaruan riwayat, Anda bisa memilih Hapus Instalasi Pembaruan (Uninstall Updates).
3. Pada jendela dialog Installed Updates,  pilih KB4560960 atau KB4557957, dan pilih tombol "Uninstall".
4. Restart komputer Anda.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X