Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Bisa Cari Pesan Berdasarkan Tanggal

Kompas.com - 16/06/2020, 10:01 WIB
Ilustrasi MashableIlustrasi

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan akan kembali menghadirkan dua fitur baru kepada para penggunanya, berdasarkan informasi dari WABeta Info yang kerap membocorkan calon fitur mendatang dari aplikasi pesan instan tersebut

Kali ini, WABeta Info melaporkan bahwa WhatsApp tengah melakukan uji coba fitur pencarian berdasarkan tanggal. Seperti namanya, fitur ini mampu memungkinkan pengguna untuk mencari pesan di tanggal, bulan dan tahun yang diinginkan.

Baca juga: Hati-hati Klik Link Ini, Nomor WhatsApp Bisa Muncul di Google

Untuk bisa mengakses fitur anyar tersebut, kabarnya pengguna hanya perlu pergi ke opsi "Search" dan memilih ikon kalender. Setelah itu, WhatsApp akan menampilkan seluruh isi pesan berdasarkan tanggal yang diminta.

Fitur "Search" ini mirip dengan fitur serupa yang dimiliki Telegram. Namun ada sedikit perbedaan dari peletakan ikon kalender, di mana Telegram menempatkan ikon pada pojok kiri atas keyboard, sedangkan pada WhatsApp ikon terletak pada pojok kanan atas keyboard.

Selain fitur pencarian, ada pula fitur untuk mengelola penyimpanan (storage) pada WhatsApp. Hadirnya fitur ini kelak akan memungkinkan pengguna untuk mengurutkan dan menyortir file, foto, dan audio berdasarkan kategori waktu dan ukuran.

Nantinya pengguna WhatsApp juga mampu melihat file yang memiliki ukuran besar dan file mana yang berasal dari hasil "forward" (diteruskan).

Baca juga: Cara Balas Pesan WhatsApp Otomatis Tanpa WA Business

Dirangkum KompasTekno dari WABeta Info Senin (15/6/2020), pembaruan tersebut dilaporkan akan hadir pada Android dan iOS. Kendati demikian, belum ada kabar pasti mengenai waktu kehadirannya.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp dilaporkan telah melakukan uji coba pada fitur baru berupa Messenger Room. Fitur ini disebut bisa menyaingi popularitas Zoom karena dapai menampung hingga 50 peserta video call sekaligus.



Sumber WABetaInfo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X