Kompas.com - 16/06/2020, 11:16 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah diuji coba di India sejak 2018, layanan dompet digital WhatsApp Pay pekan ini mulai beroperasi di Brasil. Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, selaku pemilik WhatsApp.

Dalam sebuah posting yang diunggahnya di Facebook, Zuckerberg berkata bahwa WhatsApp Pay memungkinkan para pengguna layanan pesan instan itu untuk mengirim dan menerima uang "semudah berbagi foto".

"Fitur ini juga memungkinkan para pemilik usaha kecil untuk berjualan melalui aplikasi WhatsApp," tulis Zuckerberg.

Baca juga: PayPal Bakal Jadi Alat Pembayaran di Gojek, WhatsApp Pay Menyusul?

WhatsApp Pay beroperasi menggunakan platform Facebook Pay yang diperkenalkan tahun lalu. Facebook Pay bisa digunakan di lintas platform milik Facebook Inc., yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Pembayaran dan penerimaan uang di WhatsApp Pay sendiri dilakukan langsung melalui kolom chat. Untuk keperluan otentikasi, pengguna diwajibkan memasukkan nomor PIN yang terdiri dari enam digit. Pengiriman uang tidak dikenakan biaya.

Ilustrasi pengiriman uang dengan WhatsApp PayWhatsApp Ilustrasi pengiriman uang dengan WhatsApp Pay
Untuk bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Pay, pengguna mesti mendaftarkan kartu kredit atau kartu kredit yang sudah bekerja sama dengan WhatsApp.

Seperti dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (16/6/2020), WhatsApp Pay kini didukung kartu debit dan kredit dari Visa dan Mastercard, berikut beberapa mitra lokal di Brasil, yakni Banco de Brasil, Nubank, dan Sicredi.

Baca juga: Facebook Pay Siap Hadir di Indonesia, Gandeng Fintech Lokal

Di Indonesia, Facebook rencananya akan menghadirkan Facebook Pay dengan menggandeng penyedia layanan dompet digital GoPay, Ovo, dan LinkAja.

"Kami sedang melakukan pembicaraan dan berdiskusi terkait hal itu dengan perusahaan fintech di Indonesia," ujar seorang juru bicara Facebook pada April lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.