Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Google Tangi yang Mirip TikTok Kini Hadir di Android

Kompas.com - 16/06/2020, 12:23 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Januari lalu, Google memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Tangi Quick Videos (Tangi) yang digunakan untuk berbagi video pendek mirip TikTok. Ketika itu Tangi baru tersedia di iOS.

Berbulan-bulan setelahnya, Google Tangi kini sudah tersedia untuk para pengguna Android dan bisa diunduh dari toko aplikasi PlayStore melalui tautan berikut.

Baca juga: Google Luncurkan Tangi, Aplikasi Video Mirip TikTok

Tangi sendiri dibuat oleh tim eksperimental Google, Area 120. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Selasa (16/6/2020), namanya konon merupakan kependekan dari "teach and give" atau "tangible things you can make".

Dari antarmukanya, Tangi tampaknya dibuat agar mirip Pinterest. Hanya saja, jenis konten Tangi lebih berfokus pada video pendek ala TikTok. Di dalamnya ada beberapa kategori seperti Seni, Memasak, DIY, Fashion, Kecantikan, dan Gaya Hidup.

Tampilan antarmuka aplikasi Tangi.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan antarmuka aplikasi Tangi.
Halaman utama atau linimasa Tangi menampilkan dua konten yang diposisikan secara horizontal, berikut konten lainnya yang bisa ditelusuri dengan cara menggulir layar ke bawah.

Saat membuka konten video, opsi-opsi yang tersedia mirip dengan TikTok, yakni mengikuti (follow) sang kreatornya, memberikan like, membagikan, atau meninggalkan komentar.

Pengguna juga bisa mencari video berdasarkan topik yang diinginkan.Contohnya, untuk mencari beragam konten memasak, maka cukup ketikkan kata kunci yang berhubungan, seperti "memasak", "cooking", "how to cook", dan sejenisnya.

Baca juga: Facebook Rilis Hobbi, Aplikasi Mirip Pinterest

Pengguna mesti masuk (login) ke Tangi terlebih dahulu dengan akun Google masing-masing jika ingin memberikan komentar atau like ke sebuah posting.

Pengguna iOS bisa mengunduh Tangi di toko App Store. Tangi juga bisa digunakan lewat web di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com