Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2020, 12:23 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Januari lalu, Google memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Tangi Quick Videos (Tangi) yang digunakan untuk berbagi video pendek mirip TikTok. Ketika itu Tangi baru tersedia di iOS.

Berbulan-bulan setelahnya, Google Tangi kini sudah tersedia untuk para pengguna Android dan bisa diunduh dari toko aplikasi PlayStore melalui tautan berikut.

Baca juga: Google Luncurkan Tangi, Aplikasi Video Mirip TikTok

Tangi sendiri dibuat oleh tim eksperimental Google, Area 120. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Selasa (16/6/2020), namanya konon merupakan kependekan dari "teach and give" atau "tangible things you can make".

Dari antarmukanya, Tangi tampaknya dibuat agar mirip Pinterest. Hanya saja, jenis konten Tangi lebih berfokus pada video pendek ala TikTok. Di dalamnya ada beberapa kategori seperti Seni, Memasak, DIY, Fashion, Kecantikan, dan Gaya Hidup.

Tampilan antarmuka aplikasi Tangi.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan antarmuka aplikasi Tangi.
Halaman utama atau linimasa Tangi menampilkan dua konten yang diposisikan secara horizontal, berikut konten lainnya yang bisa ditelusuri dengan cara menggulir layar ke bawah.

Saat membuka konten video, opsi-opsi yang tersedia mirip dengan TikTok, yakni mengikuti (follow) sang kreatornya, memberikan like, membagikan, atau meninggalkan komentar.

Pengguna juga bisa mencari video berdasarkan topik yang diinginkan.Contohnya, untuk mencari beragam konten memasak, maka cukup ketikkan kata kunci yang berhubungan, seperti "memasak", "cooking", "how to cook", dan sejenisnya.

Baca juga: Facebook Rilis Hobbi, Aplikasi Mirip Pinterest

Pengguna mesti masuk (login) ke Tangi terlebih dahulu dengan akun Google masing-masing jika ingin memberikan komentar atau like ke sebuah posting.

Pengguna iOS bisa mengunduh Tangi di toko App Store. Tangi juga bisa digunakan lewat web di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com