Pertama Kali, Huawei Salip Samsung sebagai Pabrikan Smartphone Terbesar

Kompas.com - 17/06/2020, 10:05 WIB
Booth Huawei di MWC 2019. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoBooth Huawei di MWC 2019.

KOMPAS.com - Sudah lebih dari setahun berlalu sejak nama Huawei pertama kali dimasukkan dalam daftar hitam entity list oleh Pemerintah Amerika Serikat pada 2019. Akibatnya, perusahaan China ini tak bisa menggunakan aplikasi dan layanan Google di ponselnya. 

Meski demikian, Huawei ternyata tetap berhasil mendongkrak penjualan smartphone sehingga angkanya untuk pertama kali melewati Samsung pada bulan April 2020, menurut catatan firma riset pasar Counterpoint.

Baca juga: Huawei Sebut Aturan Dagang AS Semena-mena dan Jahat

Pada bulan tersebut, Huawei menguasai 21,4 persen pasaran smartphone global, sedangkan Samsung memiliki market share sebesar 19,1 persen. 

Secara keseluruhan, total pengiriman seluruh produk smartphone dalam skala global dilaporkan hanya mencapai 69,37 juta unit sepanjang April 2020, turun sebesar 41 persen secara year-on-year.

Mengapa Huawei bisa menyalip Samsung? Menurut Counterpoint, penyebabnya adalah penjualan di China yang kembali meningkat setelah mengalami wabah Covid-19 di awal tahun.

Sebaliknya, penjualan Samsung terimbas situasi lockdown di wilayah-wilayah pasar utama, seperti India, Eropa, dan Amerika Utara, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: AS Keluarkan Aturan Baru yang Bakal Persulit Chipset Huawei

Pada 2016, Huawei sempat mencanangkan target bakal melewati Apple dan Samsung untuk menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia. Apple untuk pertama kalinya berhasil disalip pada awal 2018.

Ke depan, masih ada kemungkinan posisi Huawei di urutan teratas tidak akan bertahan karena penjualan Samsung bakal kembali naik seiring dengan pasaran di luar China yang berangsur normal. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X