Kompas.com - 17/06/2020, 11:55 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi foto dan video, Instagram disebut bakal menggeser populeritas Twitter, khususnya sebagai platform yang dijadikan untuk mencari berita.

Berdasarkan hasil riset Digital News Institute 2020 yang dilakukan oleh Reuters di 40 negara, mengatakan bahwa penggunaan Instagram sebagai sumber berita meningkat dua kali lipat sejak tahun 2018.

Di Inggris, hampir seperempat kalangan anak muda berusia 18-24 tahun menjadikan Instagram sebagai platform untuk mencari berita terkait virus corona.

Baca juga: Twitter Mulai Uji Coba Fleets, Fitur Mirip Instagram Stories

"Instagram menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Mereka merespons dengan baik informasi yang disajikan secara sederhana dengan visual," kata Nic Newman, penulis laporan tersebut.

Laporan Reuters mengatakan bahwa peningkatan penggunaan Instagram sebagai sumber untuk mencari berita diduga menjadi alasan Facebook mengakuisisi Instagram pada 2012 lalu.

Meski begitu, media sosial masih dianggap salah satu platform sumber berita yang tidak dipercaya. Berdasarkan data, hanya 26 persen responden yang mengatakan bahwa mereka mempercayai media sosial sebagai sumber informasi terkait virus corona.

Sisanya, mereka lebih mempercayai berita yang dibagikan melalui aplikasi obrolan, seperti Facebook Messenger dan WhatsApp.

Baca juga: Twitter Paksa Pengguna Baca Artikel sebelum Retweet Link Berita

Dihimpun KompasTekno dari BBC, Rabu (17/6/2020), hasil riset ini juga mengungkap bahwa tren mencari informasi dari sumber yang terpercaya di masa pandemi mengalami penurunan.

Pasalnya, hanya 38 persen responden yang mengatakan bahwa mereka mempercayai informasi dari lembaga berita. Sementara, 46 persen lainnya lebih mempercayai berita yang sumbernya dari luar itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.