Google Meet Bisa Diakses Lewat Gmail Android dan iOS

Kompas.com - 17/06/2020, 16:14 WIB
Aplikasi Google Meet di Play Store. KOMPAS.com/Bill ClintenAplikasi Google Meet di Play Store.

KOMPAS.com - Google semakin gencar membumikan platform video konferensinya ke masyarakat luas.

Google Meet, platform yang semula hanya tersedia bagi pengguna bisnis Google G Suite ini kini telah disebarkan ke pengguna Gmail reguler.

Sebelumnya, Google Meet hanya dapat diakses melalui Gmail versi web. Namun kini, pengguna Android dan iOS juga bisa mengakses Meet lewat aplikasi Gmail di ponsel mereka.

Dengan demikian, pengguna Gmail tidak perlu menginstal aplikasi Meet khusus untuk bergabung atau memulai telekonferensi.

Google akan menyediakan tab "Meet" di sisi bawah Gmail pada antarmuka utama Gmail yang baru.

Dengan mengetuk tab tersebut, pengguna bisa langsung memulai telekonferensi dan menon-aktifkan mikrofon serta kamera lebih dulu. Bisa juga mengundang peserta lain dengan membagikan kode dan tautan (link) Meet.

Baca juga: Layanan Meeting Online Google Meet Tembus 50 Juta Unduhan

Google juga memberikan opsi apabila pengguna tidak ingin mengintegrasikan Meet di Gmail.
Caranya, buka Gmail versi web. Kemudian pergi ke menu setting (pengaturan).

Pilih Chat and Meet, lalu lihat pada seksi "Meet". Klik opsi "Sembunyikan panel Meet di menu utama" untu menon-aktifkan Meet di Gmail.

Untuk menampilkannya lagi, lakukan langkah yang sama lalu pilih "Tampilkan panel Meet di menu utama". Jangan lupa untuk mengklik "Simpan Perubahan" setelah mengatur ulang.

Dirangkum KompasTekno dari Pocket-Lint, Rabu (17/6/2020), integrasi Meet di Gmail versi mobile untuk pengguna Android dan iOS baru akan hadir pada akhir Juni 2020 mendatang.

Google sendiri telah menggratiskan akses Meet sejak April lalu, saat sebagian besar penduduk dunia bekerja dari rumah selama masa karantina untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Sebelumnya, Meet hanya bisa digunakan untuk pengguna G Suite yang harus membayar biaya berlangganan.

Baca juga: Fitur Premium Google Meet Gratis hingga September

Integrasi Meet di Gmail ini bisa saja mengancam popularitas Zoom yang banyak digunakan selama pandemi Covid-19 untuk rapat online.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X