Pengguna Twitter Bisa "Ngetwit" Pakai Suara

Kompas.com - 18/06/2020, 10:56 WIB
Ilustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter BloombergIlustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter

KOMPAS.com - Twitter sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk benar-benar "berkicau", di platform mikroblogging itu. Selama ini, pengguna Twitter hanya bisa mengirimkan unggahan teks, foto, video, atau GIF saja. 

Kini, pengguna Twitter bisa merekam suara dengan mengetuk ikon audio dengan lambang gelombang frekuensi. Ikon tersebut terletak di sisi kiri ikon kamera.

Setelah merekam suara, pengguna langsung bisa mengunggah kiriman audio itu secara publik. Kiriman suara yang bisa diunggah maksimal berdurasi 140 detik.

Apabila lebih dari 140 detik, Twitter akan otomatis membuat twit atau postingan baru, dan akan menjadikannya sebagai thread (utas) suara. Nantinya, kicauan pengguna akan dipajang dengan foto profil di tengah.

Baca juga: Instagram Disebut Bakal Gantikan Twitter

Pengguna lain bisa mendengarkan kiriman suara sambil menggulir lini masa. Bahkan, kiriman suara masih bisa didengar saat melakukan aktivitas lain di ponsel, atau sambil mengerjakan kegiatan lain.

"Kami berharap Tweet suara membuat pengalaman yang lebih manusiawi bagi pendengar dan pencerita," terang Twitter dalam blog resminya, dirangkum KompasTekno dari Forbes, Kamis (18/6/2020).

Karena sifatnya masih uji coba, fitur ini baru disebar sebagian pengguna, terutama pengguna iOS. Twitter mengatakan akan menyebar fitur ini ke lebih banyak pengguna iOS dalam beberapa pekan mendatang.

Tidak disebutkan kapan pengguna Android bakal kebagian fitur baru ini. Beberapa tokoh publik dan pengguna memamerkan unggahan suara di Twitter dengan tagar #tweetvoice. Salah satunya rapper kenamaan Cardi B dan akun resmi Xbox.



Sumber Forbes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X