Kompas.com - 18/06/2020, 17:12 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Platform cloud untuk berbagi file, Dropbox, pekan ini meluncurkan aplikasi password manager bernama Dropbox Password dan "brankas" dokumen Dropbox Vault.

Seperti namanya, Dropbox Password memungkinkan pengguna untuk menyimpan beragam kata sandi dengan aman, sekaligus menawarkan pengisian secara otomatis (autofill) di layanan online atau aplikasi yang membutuhkan kata sandi.

Baca juga: Daftar 25 Password Terburuk Sepanjang 2019

Dropbox Password mendukung sistem operasi Windows, Mac OS, iOS, dan Android. Password yang tersimpan dilindungi dengan fitur keamanan PIN, berikut enkripsi zero-knowledge sehingga hanya pengguna saja yang bisa mengaksesnya.

Aplikasi Dropbox Password (kiri) dan fitur Dropbox Vault (kanan).Dropbox Aplikasi Dropbox Password (kiri) dan fitur Dropbox Vault (kanan).
Sementara, dengan Dropbox Vault, pengguna bisa menyimpan beragam dokumen penting seperti surat berharga, paspor, informasi finansial, dan lain sebagainya dalam sebuah "brankas digital" yang diamankan dengan nomor PIN.

Dropbox Vault menggunakan platform cloud Dropbox sehingga bisa diakses kapanpun dari perangkat komputer atau gadget. Pengguna juga bisa memberikan akses ke orang lain yang terpercaya -misalnya anggota keluarga- agar bisa membuka vault.

Ilustrasi DropboxDropbox Ilustrasi Dropbox
Meski telah diluncurkan, Dropbox Password dan Dropbox Vault untuk sekarang baru tersedia untuk segelintir pengguna berbayar Dropbox Plus dalam versi private beta secara terbatas.

Selain meluncurkan aplikasi dan fitur baru, Dropbox juga berencana untuk meluncurkan paket langganan cloud storage bernama Dropbox Family.

Baca juga: Dropbox Kini Bisa Kirim File hingga 100 GB Lewat E-mail

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Dropbox, Kamis (18/6/2020), Dengan paket ini, hingga enam pengguna sekaligus bisa berbagi ruang penyimpanan sebesar 2 TB dengan membayar satu tagihan.

Masing-masing pengguna bisa memiliki akun sendiri untuk menyimpan file pribadi. Dropbox turut menyediakan folder khusus yang bisa diakses semua anggota keluarga untuk berbagi file.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.