Android 11 Punya Fitur Mirip "Recycle Bin"

Kompas.com - 19/06/2020, 10:27 WIB
ilustrasi Android 11 user cnet.comilustrasi Android 11 user
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan lalu, Google baru saja merilis pembaruan sistem operasi Android 11 versi beta untuk pengguna ponsel Pixel.

Pada sistem operasi Android 11 ini, Google turut menghadirkan fitur baru yang akan menempatkan file di dalam folder "tempat sampah" khusus saat dihapus, sehingga bisa dipulihkan kembali apabila pengguna berubah pikiran.

Fungsi fitur tersebut mirip dengan Recycle Bin di sistem operasi Windows. Bedanya, tempat sampah Android 11 secara default tidak ditampilkan (hidden).

Baca juga: Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

Aplikasi-aplikasi Android yang memiliki akses editing terhadap trash nantinya bisa memperlihatkan file yang berada di dalamnya ke pengguna. Berkas-berkas di dalam tempat sampah ini akan disimpan dan bisa di-recover selagi belum melewati batasan waktu.

Ilustrasi prompt yang dimunculkan Android 11 saat mengkonfirmasi penghapusan file ke folder trash. Masa penyimpanannya kini diperpanjang menjadi 30 hari.Yuriy Mysochenk/ Medium Ilustrasi prompt yang dimunculkan Android 11 saat mengkonfirmasi penghapusan file ke folder trash. Masa penyimpanannya kini diperpanjang menjadi 30 hari.
"Item di trash secara otomatis akan dihapus oleh OS setelah 30 hari," ujar Android Product Manager Roxanna Aliabadi dalam sebuah video berisi penjelasan mengenai akses storage di Android 11.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (19/6/2020) Recycle Bin ala Android sebenarya sudah tersedia di Android 11 versi Developer Preview sebelumnya, tapi belakangan dimodifikasi oleh Google.

Pada Februari, seorang pengembang aplikasi bernama Yuriy Mysochenko sempat mengunggah gambar yang memperlihatkan cara kerjanya. Dalam gambar tampak bahwa Android meminta konfirmasi kepada pengguna sebelum mengirim file ke folder trash.

Ketika itu, batasan waktu penyimpanan file di dalam trash masih 7 hari, bukan 30 hari seperti pada Android 11 versi Beta.

Baca juga: 5 Fitur Android 11 yang Dicomot dari iOS

Konsep "Recycle Bin" sendiri sebenarnya bukan barang baru di Android. Beberapa pabrikan seperti Samsung dan Huawei telah lebih dulu mengimplementasikannya untuk file foto dan video di gallery lewat UI masing-masing.

Android 11 juga bisa membubuhkan status "favorite" di sebuah file media yang bisa diketahui oleh aplikasi lain, tak hanya terbatas pada gallery saja. Dengan demikian, aplikasi lain pun bisa tahu file mana saja yang dianggap penting oleh pengguna.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X