Apple Dikabarkan Akan Ganti Nama iOS

Kompas.com - 21/06/2020, 14:06 WIB
ilustrasi iOS forbes.comilustrasi iOS
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Tahun lalu Apple mengubah nama sistem operasi iOS yang berjalan di iPad menjadi iPadOS. Kali ini giliran iOS untuk iPhone yang kabarnya bakal mengalami rebranding serupa.

Lewat akun Twitter miliknya, John Prosser, seorang pembocor ulung yang dikenal sering memberikan info seputar gadget, berkata bahwa nama iOS akan dikembalikan seperti masa iPhone generasi awal dulu, yakni "iPhone OS".

Baca juga: Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.4, Apa Saja Fitur Barunya?

iOS dulu memang bernama iPhone OS. Sistem operasi ini diperkenalkan lewat iPhone generasi pertama yang meluncur pada 2007. Di luar nama iPhone OS, Prosser tidak mengungkapkan informasi lain.

Kicauan itu ditanggapi staf XDA Developers, Max Weinbach (@MaxWeinbach), yang juga dikenal sebagai pembocor gadget. Dia mengaku mendapatkan kabar bahwa Apple akan mengubah nama iOS ke iPhone OS dan iPhone menjadi Apple Phone.

"Saya mendapat email yang mengatakan bahwa Apple akan mengubah nama iOS ke iPhoneOS dan iPhone menjadi Apple Phone. Tapi saya tidak percaya hal itu," tulis Weinbach dalam kicauan yang dialamatkan ke Prosser.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Minggu (21/6/2020), tak diketahui apakah nama sistem operasi iPod Touch juga akan berubah menjadi iPhone OS, ataukah tetap iOS. Yang jelas, informasi di atas masih sebatas rumor.

Baca juga: Apple Rilis Pembaruan iOS 13.5.1 untuk Tutup Celah Jailbreak

Kalaupun benar, Apple diprediksi baru akan mengumumkan perubahan nama iOS dalam ajang WWDC 2020 yang akan berlangsung pada 22 Juni pekan depan. Nama iPadOS sebelumnya juga diperkenalkan dalam acara WWDC tahun 2019.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X