Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2020, 14:06 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun lalu Apple mengubah nama sistem operasi iOS yang berjalan di iPad menjadi iPadOS. Kali ini giliran iOS untuk iPhone yang kabarnya bakal mengalami rebranding serupa.

Lewat akun Twitter miliknya, John Prosser, seorang pembocor ulung yang dikenal sering memberikan info seputar gadget, berkata bahwa nama iOS akan dikembalikan seperti masa iPhone generasi awal dulu, yakni "iPhone OS".

Baca juga: Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.4, Apa Saja Fitur Barunya?

iOS dulu memang bernama iPhone OS. Sistem operasi ini diperkenalkan lewat iPhone generasi pertama yang meluncur pada 2007. Di luar nama iPhone OS, Prosser tidak mengungkapkan informasi lain.

Kicauan itu ditanggapi staf XDA Developers, Max Weinbach (@MaxWeinbach), yang juga dikenal sebagai pembocor gadget. Dia mengaku mendapatkan kabar bahwa Apple akan mengubah nama iOS ke iPhone OS dan iPhone menjadi Apple Phone.

"Saya mendapat email yang mengatakan bahwa Apple akan mengubah nama iOS ke iPhoneOS dan iPhone menjadi Apple Phone. Tapi saya tidak percaya hal itu," tulis Weinbach dalam kicauan yang dialamatkan ke Prosser.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Minggu (21/6/2020), tak diketahui apakah nama sistem operasi iPod Touch juga akan berubah menjadi iPhone OS, ataukah tetap iOS. Yang jelas, informasi di atas masih sebatas rumor.

Baca juga: Apple Rilis Pembaruan iOS 13.5.1 untuk Tutup Celah Jailbreak

Kalaupun benar, Apple diprediksi baru akan mengumumkan perubahan nama iOS dalam ajang WWDC 2020 yang akan berlangsung pada 22 Juni pekan depan. Nama iPadOS sebelumnya juga diperkenalkan dalam acara WWDC tahun 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com