Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

Kompas.com - 23/06/2020, 09:42 WIB
Apple MacOS Big Sur Mac RumorsApple MacOS Big Sur

KOMPAS.com - Apple merilis software baru utuk komputer Mac, yang mengusung nama MacOS Big Sur dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang digelar secara virtual untuk pertama kalinya Selasa (23/6/2020) dini hari tadi.

Apple masih melanjutkan tradisi untuk menyematkan nama sebuah landmark untuk MacOS buatannya, seperti halnya MacOS Mojave dan Catalina. Sedikit informasi, Big Sur merupakan salah satu obyek wisata di California.

Nama Big Sur mulai dikenal sejak menjadi latar serial Big Little Lies yang disiarkan HBO. Obyek wisata ini merupakan bentang pegunungan batu kars panjang di pantai tengah California, yang berbatasan dengan timur pegunungan Santa Lucia dan barat Samudra Pasifik.

Kembali ke MacOS Big Sur menjadi nama resmi untuk MacOS 11, menggantikan MacOS X (MacOS 10) sebelumnya.

Baca juga: iOS 14 Resmi Meluncur, Punya Widget dan Laci Aplikasi

Software ini akan menjadi MacOS versi pertama yang akan mendukung Mac berprosesor ARM. Untuk diketahui, Apple mulai mengembangkan prosesor ARM sendiri dan akan dipasang ke seri Mac baru, menggantikan prosesor Intel.

Apple menyebut prosesor ARM akan membawa performa Mac ke level yang baru dengan konsumi daya yang lebih sedikit, dan membawa sistem keamanan prosesor Secure Enclave ke Mac. Kabarnya, komputer Mac berbasis ARM akan diperkenalkan akhir tahun ini.

MacOS 11 Big Sur tersedia bagi pengembang (developer) aplikasi yang terdaftar mulai hari ini. Sementara versi beta untuk umum tersedia pada Juli mendatang.

Berikut beberapa fitur baru yang akan ditemukan di MacOS Big Sure, dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (23/6/2020).

Aplikasi mirip iOS dan berbentuk 3D

Dari sisi antarmuka, MacOS Big Sur sedikit mirip dengan tampilan iOS dan iPadOS, seperti ikon aplikasi yang berbentuk persegi dengan sudut membulat, serta sedikit bayangan yang mengensankan bentuk 3D.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X