Game "The Last of Us Part II" Dilarang Beredar di Arab Saudi

Kompas.com - 23/06/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi game The Last of Us Part II Sony Interactive Entertainment / Naughty DogIlustrasi game The Last of Us Part II

KOMPAS.com - Naughty Dog akhirnya resmi merilis game The Last of Us Part II pada Jumat, (19/6/2020) pekan lalu, eksklusif di konsol PlayStation 4 (PS4). Ini menjadi sekuel game The Last of Us yang dirilis tujuh tahun lalu.

Kendati demikian, tidak semua pemain PS4 bisa mengakses game ini dengan mudah. Dilaporkan, beberapa negara seperti Arab Saudi dan Timur Tengah melarang peredaran game The Last of Us Part II di wilayahnya.

Informasi tersebut muncul setelah seorang pengguna Reddit melakukan konfirmasi kepada pihak PlayStation Support, mengenai nihilnya ketersediaan game The Last of Us Part II di negara Arab Saudi dan wilayah Timur Tengah.

Baca juga: The Last of Us Part II Resmi Meluncur di PS4, Ini Harganya

Alhasil, pihak PlayStation Support menyatakan bahwa game tersebut dilarang untuk dirilis di Arab Saudi dan Timur Tengah, seperti Uni Emirat Arab.

Pemblokiran game tersebut bukan tanpa alasan. Dirangkum KompasTekno dari VG247, Selasa (23/6/2020), isu lesbianisme disinyalir menjadi alasan diblokirnya game tersebut di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Diketahui, Ellie yang merupakan karakter utama dalam seri The Last of Us, dengan jelas menunjukkan ketertarikan kepada seorang perempuan bernama Dina.

Dengan menyuguhkan konten yang mengandung unsur LGBT, The Last of Us II dinilai tidak layak untuk dihadirkan bagi masyarakat Arab Saudi dan Timur Tengah. LGBT sendiri masih menjadi isu sensitif di kedua negara tersebut.

Baca juga: Penampakan Tubuh Bongsor PS5 dari Pabrik, Ternyata Sebesar Ini?

" Game The Last of Us 2 dilarang di wilayah Timur Tengah karena adanya konten seksual (homoseksual)," tulis akun @whrumor melalui kicauannya.

Meski telah menimbulkan banyak kontroversi, namun game The Last of Us Part II telah mendapatkan ulasan baik dari situs peninjau film, Metacritic.

Game tersebut mendapat skor 95 dari 101 ulasan. Alur cerita, adegan laga, dan tingkat kesulitan yang dimiliki game ini adalah beberapa unsur yang mendapat pujian.

Baca juga: 5 Game PlayStation 5 yang Paling Dinanti

Game ini memiliki setting waktu lima tahun setelah peristiwa "serbuan zombie" di game seri pertama.

Pemain bakal mengendalikan sosok Ellie dan Joel yang kini melanjutkan hidupnya di kota bernama "Jackson", hidup bersama para penyintas yang selamat dari serbuan zombie, dan mencari siapa yang bertangung jawab di balik prahara tersebut.



Sumber VG247
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X