Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WatchOS 7 Dirilis, Apple Watch Lawas Tak Kebagian

Kompas.com - 23/06/2020, 17:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple mengumumkan kehadiran WatchOS 7 dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang berlangsung secara virtual di California, Amerika Serikat, Senin (22/6/2020) waktu setempat atau Selasa dini hari Waktu Indonesia Barat.

Pembaruan sistem operasi arloji pintar ini tidak kompatibel dengan Apple Watch generasi lama, yakni Apple Watch Series 1 dan 2. WatchOS 7 hanya bisa berjalan di Apple Watch Series 3, Apple Watch Series 4, Apple Watch Series 5, dan model-model yang akan datang.

WatchOS 14 pun membutuhkan ponsel (iPhone) pendamping yang menjalankan sistem operasi iOS 14 terbaru.

Baca juga: iOS 14 Resmi Meluncur, Punya Widget dan Laci Aplikasi

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Apple menambahkan beberapa fitur baru di WatchOS 7.Salah satunya adalah fitur Face Sharing, di mana pengguna bisa berbagi watch face atau tampilan Apple Watch ke pengguna lain melalui Messages, Mail, Safari, atau media sosial.

Watch face di WatchOS 7 sendiri bisa dimodifikasi (customizable) sebelum dibagikan. Apabila penerima tidak memiliki aplikasi atau fungsi tambahan (complications) di Apple Watch miliknya, dia akan diberi tahu di mana bisa mendapatkannya.

Masing-masing aplikasi WatchOS kini juga bisa menampilkan berbagai complications, tak lagi terbatas hanya satu per aplikasi.

Tampilan fitur timer saat pengguna mencuci tangan.Apple Tampilan fitur timer saat pengguna mencuci tangan.

Fitur baru lainnya termasuk sleep tracking dan pengingat untuk mencuci tangan, sehubungan dengan pandemi Covid-19.

Apple Watch mampu mendeteksi apabila pengguna sedang mencuci tangan dengan mendeteksi gerakan lewat accelerometer dan mendengarkan suara lewat mikrofon.

Ketika pengguna mencuci tangan, akan muncul timer yang akan menghutung durasi cuci tangan dengan rekomendasi waktu 20 detik.

Baca juga: Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

Apple mengklaim saat ini ada lebih dari 20.000 aplikasi Watch di Apple Watch Store. Di toko aplikasi WatchOS tersebut, pengguna juga bisa mendapatkan watch face dari pihak ketiga.

Seperti iOS 14, iPadoS 14, dan MacOS Big Sur, para developer sudah bisa mendapatkan watchOS 7 mulai hari ini. Versi beta publik baru akan disebar bulan Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com