Google Sematkan Label Cek Fakta di Hasil Pencarian Gambar

Kompas.com - 23/06/2020, 18:31 WIB
ilustrasi Google slashgear.comilustrasi Google
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google baru-baru ini menambahkan label " Fact Check" ( cek fakta) pada hasil pencarian lewat Google Image Search.

Google mengatakan label Fact Check tersebut ditampilkan dengan maksud membantu pengguna memastikan keaslian gambar yang mereka lihat pada Google Image Search.

Label "cek fakta" tersebut akan dimunculkan di bagian bawah gambar-gambar tertentu dari hasil pencarian lewat Google Image Search.

Baca juga: Ini Link Google Maps untuk Melihat Benda Diduga Kapal Karam di Cisolok

Ketika pengguna meng-klik salah satu hasil pencarian gambar dalam format yang lebih besar,
maka mereka akan melihat ringkasan cek fakta berdasarkan sumber web yang tercantum.

"Label ini ditujukan untuk mengecek fakta artikel-artikel tentang gambar tertentu maupun artikel yang mencantumkan gambar," tulis Group Product Manager Search Google, Harris Cohen, dalam sebuah posting blog.

Google Image Searchtechcrunch.com Google Image Search
Menurut Google, label cek fakta hanya akan dimunculkan pada gambar yang berasal dari sumber resmi yang memenuhi standar dengan melalui skema ClaimReview.

ClaimReview sendiri merupakan metode penilaian gambar yang telah diverifikasi dan dimunculkan lewat "search engine" pada Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Ratusan Ekstensi di Google Chrome Mata-matai Pengguna

Dalam posting blog Google, Cohen menjelaskan bahwa menambahkan label cek fakta atau skema Claim Review ini tidak akan memengaruhi ranking sumber gambar dalam Google Image Search.

"Sistem kami dirancang untuk menampilkan informasi yang paling relevan dan bisa diandalkan, termasuk dari sumber yang menyediakan fact checking," imbuhnya.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber TechCrunch
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X