Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fitur Baru iOS 14 yang Sudah Ada di Android sejak Lama

Kompas.com - 24/06/2020, 10:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan sistem operasi generasi terbarunya, iOS 14, melalui ajang tahunan Worldwide Developers Conference ( WWDC) 2020, pada Selasa (23/6/2020) dini hari kemarin.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seluruh kegiatan acara WWDC digelar secara virtual. Alasannya tak lain karena pandemi Covid-19 masih berlangsung dan memaksa semua agenda tatap muka, termasuk WWDC, untuk digelar secara virtual.

Kehadiran iOS 14 otomatis membawa sejumlah fitur-fitur baru dan peningkatan yang sebelumnya tidak dimiliki oleh iOS 13.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 14

Namun di antara peningkatan yang hadir pada iOS 14, terdapat sejumlah fitur-fitur yang sebelumnya telah lama hadir pada sistem operasi Android. Lalu apa saja fitur-fitur tersebut?

Berikut merupakan daftar fitur baru iOS 14 yang sebelumnya telah dimiliki Android, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (24/6/2020).

1. Translate

Fitur Translate tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Android dan Google. Telah hadir selama 14 tahun, aplikasi besutan Google tersebut mampu menerjemahkan obrolan dalam delapan bahasa secara real-time.

Kini, pengguna iOS 14 pun sudah bisa menikmati kemudahan yang serupa. Fitur Translate yang hadir pada iOS 14 itu bahkan mampu menerjemahkan 11 bahasa secara real time termasuk bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, dan Korea.

Widget dan App Drawer dua fitur yang baru di iOS 14.Apple Widget dan App Drawer dua fitur yang baru di iOS 14.

2. Widgets

Untuk pertama kalinya, Apple memutuskan untuk mengikuti jejak Android, dengan menghadirkan Widget pada layar home screen iPhone. Widget dapat ditemukan dengan mengusap layar ke kiri pada home screen.

Dengan fitur ini, pengguna iOS 14 dapat melihat ramalan cuaca, jam alarm dan berbagai menu lainnya melalui layar home screen. Di sisi lain, fitur Widget bahkan sudah hadir pada Google Android sejak tahun 2008 lalu.

3. App Clips

Fitur ini merupakan pembaruan kecil namun cukup bermanfaat. Singkatnya, App Clips mampu memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran.

Baca juga: 5 Fitur Android 11 yang Dicomot dari iOS

App Clips telah dilengkapi dengan fitur NFC dan QR Code, sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan kegiatan seperti membayar parkir.

Kode pada App Clips juga dapat dibagikan melalui aplikasi perpesanan Messages dan browser Safari serta telah kompatibel pada Apple Pay.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com