Dua Fitur iOS 14 yang Mirip Android dan Windows Phone

Kompas.com - 24/06/2020, 17:30 WIB
ilustrasi iOS 14 theverge.comilustrasi iOS 14
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -  Apple telah resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 14, di ajang WWDC 2020 yang berlangsung secara online pekan ini.

Ada sejumlah fitur baru yang dihadirkan di iOS 14 beberapa di antaranya tampak mirip dengan  fitur serupa di dua sistem operasi rivalnya, Android dan Windows Phone.

Fitur Live Tiles Windows Phonewindowscentral.com Fitur Live Tiles Windows Phone
Misalnya, fitur Widgets yang ditampilkan pada layar home screen iOS 14 terbilang mirip dengan tampilan antarmuka Live Tiles pada Windows Phone yang sudah pensiun.

Baca juga: iOS 14 Resmi Meluncur, Punya Widget dan Laci Aplikasi

Live Tiles sendiri merupakan salah satu fitur Windows Phone yang menampilkan kolom notifikasi yang mencakup informasi seperti cuaca, kalender, atau informasi lalu lintas.

Sementara, widget pada iOS 14 dimunculkan ketika pengguna mengusap layar ke kiri.

Ada widget yang cukup lebar dan memenuhi layar, namun ada juga opsi Widget yang berukuran lebih kecil. Lagi-lagi mirip dengan ukuran tiles di Windows Phone yang bervariasi.


Fitur Widget iOS 14androidcentral.com Fitur Widget iOS 14
Pengguna iPhone dapat memasang dua kolom widget di layar. Jika dikehendaki, bisa juga widget tidak dipasang sama sekali.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (24/6/2020), Apple pun menyediakan galeri khusus untuk widget yang bisa dipilih pengguna.

Kemiripan fitur tampilan widget iOS 14 dan Live Tiles Windows Phone sempat menjadi perbincangan warganet melalui media sosial Twitter. Sebagian warganet  mengatakan bahwa Apple meniru ide Microsoft dalam menghadirkan fitur widget tersebut.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 14

"Widget pada iOS 14 terlihat bagus. Sepertinya terinspirasi oleh Windows Phone dan Android, meski tetap memiliki ciri khas Apple," tulis akun @tomwarren.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X