84 Tahun Jualan Kamera, Olympus Takluk Digerus Smartphone

Kompas.com - 25/06/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi kamera mirrorless olympus OM-D E-M5 Mark III OlympusIlustrasi kamera mirrorless olympus OM-D E-M5 Mark III

KOMPAS.com - Setelah kurang lebih 84 tahun berkiprah di bisnis kamera analog dan digital, Olympus memutuskan untuk menjual divisi kameranya.

Perusahaan asal Jepang tersebut menjual bisnis kamera Olympus, termasuk sahamnya, ke perusahaan Jepang lainnya, yakni Japan Industrial Partners (JIP).

Bisnis kamera yang semakin tergerus oleh smartphone, serta kerugian yang dialami divisi kamera Olympus selama tiga tahun berturut-turut (hingga tahun fiskal yang berakhir Maret 2020) digadang-gadang sebagai latar belakang keputusan tersebut.

"Hari ini, Olympus Imaging Business telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Japan Industrial Partners (JIP)," kata pihak Olympus dalam keterangan resmi.

Baca juga: Kamera Tangguh Olympus Bisa Dibawa Menyelam 30 Meter

"Kami percaya bahwa ini keputusan yang tepat untuk melestarikan warisan merek (Olympus), produk, serta nilai yang tertuang dalam teknologi kami," imbuh pihak Olympus.

Lebih lanjut, lewat penandatanganan MoU tersebut, kedua pihak nantinya bakal membahas sejumlah perjanjian terkait operasi bisnis kamera Olympus untuk kemudian hari.

Perjanjian ini, berdasarkan dokumen MoU, rencananya bakal difinalisasi pada 30 September mendatang dan kedua pihak ditargetkan bakal mencapai kata sepakat pada akhir 2020.

Meski demikian, konsumen kamera Olympus tak perlu khawatir. Sebab, JIP nantinya bakal melanjutkan bisnis kamera di bawah merek Olympus, dan tetap menyediakan layanan after-sales bagi para konsumennya.

Lebih jauh, perusahaan induk Olympus Corporation juga bakal berjalan sebagaimana mestinya dan masih dipegang oleh Olympus sendiri.

Baca juga: Pertama Kali, Huawei Salip Samsung sebagai Pabrikan Smartphone Terbesar

Diketahui, selain kamera, Olympus sendiri memang dikenal sebagai pembuat alat-alat kebutuhan medis yang mengandalkan lensa optik. Beberapa di antaranya seperti mikroskop hingga endoskop.

Siapa sebenarnya JIP?

Japan Industrial Partner (JIP) adalah perusahaan ekuitas swasta asal Jepang yang didirikan sejak tahun 2000.

Perusahaan ini dikenal dengan kebolehannya yang konon bisa menyulap aneka bisnis yang merugi menjadi bisnis yang menguntungkan lewat restrukturisasi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalCameraWorld, Kamis (25/6/2020).

Pada 2014 lalu, JIP juga dikabarkan sempat membeli merek bisnis yang dijual Sony, yakni Vaio, lantaran perusahaan pembuat merek PlayStation tersebut kala itu dikabarkan ingin fokus pada industri mobile.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X