Microsoft Rilis "Preview" Aplikasi Antivirus untuk Android

Kompas.com - 25/06/2020, 18:06 WIB
ilustrasi Microsoft cnet.comilustrasi Microsoft
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Februari lalu, Microsoft mengatakan akan merilis aplikasi antivirus Defender besutannya untuk perangkat Android dan iOS. Microsoft kini telah mulai menyalurkan versi public preview dari Defender untuk Android.

Antivirus Defender bukan ditujukan untuk pengguna umum, melainkan kalangan korporat pelanggan Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP), sebuah platform sekuriti berbasis manajemen perangkat mobile untuk perusahaan.

Perusahaan pelanggan Defender ATP akan mendapat sebuah opsi baru di dashboard yang memungkinkan pemasangan aplikasi antivirus Defender di perangkat Android milik karyawan.

Baca juga: Daftar Antivirus Windows 7 yang Masih Rutin Diperbarui

Defender sendiri memiliki cara kerja mirip aplikasi antivirus lain pada umumnya. Aplikasi ini bisa mendeteksi keberadaan malware atau program berbahaya lainnya.

"Kalau sebuah aplikasi aman dan bisa diunduh, end user akan mendapat notifikasi yang memberitahukan bahwa aplikasi itu 'bersih'," ujar Kanishka Srivastava, Senior Program Manager Microsoft.

Microsoft Defender ATP pada AndroidZDNet.com Microsoft Defender ATP pada Android


"Jika Microsoft Defender ATP menemukan adanya aplikasi berbahaya terpasang pada perangkat, maka sistem akan mengkategorikan perangkat bersangkutan sebagai 'berisiko tinggi' dan menandainya di Microsoft Defender Security Center," imbuh Srivastava.

Perangkat yang dikategorikan berisiko tinggi lantas bisa dibuat tidak bisa mengakses data perusahaan, misalnya yang tersimpan di server Outlook atau akun OneDrive, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZD Net, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Ancaman Malware di Perangkat Mac Kini Lampaui Windows

Selain mendeteksi program jahat, Defender juga bisa menangkal upaya phising. Tautan menuju situs berbahaya yang dikirim lewat e-mail, SMS, WhatsApp, atau aplikasi lain akan diblokir secara otomatis.

Microsoft berencana menambah kemampuan Defender dalam beberapa bulan ke depan. Versi preview dari antivirus Defender untuk iOS akan menyusul dirilis tahun ini. Persyaratan dan instruksi pemasangan Defender untuk Android dapat dilihat di tautan berikut.



Sumber ZDNet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X