Pengalaman Beli Akun Spotify dan Netflix dari Penjual Tak Resmi

Kompas.com - 26/06/2020, 16:01 WIB
Jual-beli akun premium di Twitter. IstimewaJual-beli akun premium di Twitter.

KOMPAS.com - Layanan streaming layaknya Netflix, Spotify, dan YouTube saat ini sedang naik daun. Ketiganya menawarkan beragam hiburan lewat musik atau konten video yang disajikan.

Namun, popularitas layanan streaming itu kerap dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk menjual akun premiun secara tidak resmi. Disebut tidak resmi karena transaksi di sini melibatkan pihak ketiga sebagai perantara.

Penjualan akun lewat pihak ketiga ini kerap ditemukan di e-commerce hingga platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Pihak penjual akun menawarkan harga berlangganan yang lebih murah dibanding harga resmi.

Harga miring inilah yang nampaknya banyak menarik perhatian dari banyak pembeli. Seperti Adam misalnya, pria berumur 23 tahun ini tertarik membeli akun Spotify Premium lewat jalur tidak resmi, dengan alasan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Marak Jual Beli Akun Netflix, Spotify, dan YouTube Premium di Indonesia, Legalkah?

Adam juga mengaku percaya dengan hasil testimoni yang dipajang oleh pihak penjual.

"Awalnya takut kenapa-kenapa. Tapi karena banyak testimoni dan harganya yang murah, ya sudah berani coba saja," kata Adam kepada KompasTekno, Rabu (24/6/2020).

Adam mengaku telah membeli akun Spotify Premium secara tidak resmi pada April lalu dari seorang penjual di Instagram, dengan harga Rp 58.000 untuk satu tahun berlangganan.

Harga tersebut terbilang lebih murah, jika dibandingkan dengan harga resmi Spotify Premium per tahunnya yang mencapai Rp 500.000.

Setelah melakukan transaksi kepada pihak penjual, Adam juga diminta untuk memberikan alamat e-mail serta password. Kedua informasi yang diserahkan Adam kemudian akan didaftarkan oleh penjual untuk mengakses Spotify Premium.

"Setiap tiga bulan akun Spotify Premium ini bakal diperpanjang secara otomatis sama penjualnya. Dia juga bilang selama berlangganan, saya tidak boleh mengganti password akun Spotify itu," jelas Adam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X