Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara "Mention" Kreator Lain di Judul dan Deskripsi Video YouTube

Kompas.com - 26/06/2020, 17:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Menyebutkan alias mention nama akun pengguna lain sudah lazim dilakukan warganet di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dll. Hal itu juga berlaku di platform berbagi video YouTube.

Seorang youTuber bisa menyisipkan nama akun kreator lain dalam judul atau tulisan deskripsi video yang diunggah. Cukup gunakan tanda "@" (at) diikuti nama kanal YouTube kreator yang dikehendaki, misalnya saja "@KOMPASTekno" (tanpa tanda kutip).

Baca juga: Marak Jual Beli Akun Netflix, Spotify, dan YouTube Premium di Indonesia, Legalkah?

Nama akun yang disebutkan ini ditautkan ke kanal milik kreator yang bersangkutan. Kreator yang di-mention juga akan mendapatkan notifikasi yang bisa dilihat melalui kotak masuk > notifikasi > sebutan channel.

Namun, tidak semua mention akan memunculkan notifikasi. Notifikasi baru akan muncul untuk mention yang dianggap penting saja. Misalnya, mention dari kreator yang memiliki jumlah subscriber hampir sama.

Baca juga: YouTube Bisa Dibuat Bebas Iklan dengan Trik Sederhana Gara-gara Bug

Kreator yang jumlah pelanggan kanalnya lebih kecil juga berpeluang mendapat notifikasi apabila ada kanal YouTube dengan subscriber lebih besar menandai akunnya.

Apabila kreator lain menandai akun YouTube Anda dalam sebuah video, subscriber Anda akan mendapatkan rekomendasi video tersebut.

Ada syaratnya

Dirangkum dari laman dukungan YouTube, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa menandai dan menerima notifikasi mention dari kreator lain.

Kreator yang bisa menandai dan menerima notifikasi mention, minimal harus memiliki 1.000 subscriber.

Baca juga: Begini Cara Mudah Download Video YouTube di Smartphone

Mention juga hanya bisa dilakukan melalui YouToube Studio yang diakses lewat komputer. Mention yang dilakukan lewat YouTube Studio versi mobile hanya akan memunculkan teks biasa.

Begitu pula dengan mention yang sudah ada, apabila dilihat dari YouTube Studio mobile akan berubah menjadi teks biasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com