14.000 Gerai Alfamart Terhubung oleh Solusi IoT Telkomsel

Kompas.com - 26/06/2020, 18:55 WIB
Ilustrasi KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYATIlustrasi

KOMPAS.com - Telkomsel mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan salah satu perusahaan ritel penyedia kebutuhan sehari-hari, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ( Alfamart), pekan ini.

Lewat kerja sama tersebut, Telkomsel berperan menyediakan solusi berbasis Internet-of-Things ( IoT) untuk operasional wide area network (WAN) milik Alfamart, melalui solusi cloud Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Teknologi ini sendiri memungkinkan Alfamart mampu meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja, sembari menjaga efisiensi biaya operasional, selama masa pandemi hingga kondisi new normal di kemudian hari.

Baca juga: Microsoft Gandeng Telkomsel Kembangkan IoT dan AI di Indonesia

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan bahwa kolaborasi ini menjadi salah satu komitmen Telkomsel untuk menyediakan solusi transformasi digital kepada Alfamart, sekaligus memantapkan posisinya sebagai digital telco company.

"Telkomsel ingin menjadi bagian dalam upaya transformasi digital Alfamart untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui implementasi teknologi berbasis digital," ujar Setyanto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (26/6/2020).

Di kesempatan yang sama, Direktur International Business & Technology Alfamart, Bambang Setyawan Djojo, turut menambahkan bahwa solusi ini bakal digunakan untuk memperluas digitalisasi di ranah operasional perusahaan, baik di kota besar maupun pelosok.

"Kolaborasi bersama Telkomsel kali ini memperkuat semangat kami untuk terus memperluas digitalisasi di dalam operasional perusahaan secara berkelanjutan," kata Bambang.

Fungsi Managed Service SD-WAN

Nantinya, solusi cloud Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT dipakai di infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart. Caranya dengan menghubungkan infrastruktur existing tersebut ke sistem cloud, agar bisa diotomatisasi dengan mudah secara end-to-end.

Solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP), memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki oleh Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud.

Baca juga: Layanan Solusi Bisnis Telkomsel Bisa Diakses lewat Situs myEnterprise

Alfamart sendiri kini memiliki lebih dari 14.000 gerai di seluruh Indonesia, sehingga pemanfaatan Managed Service SD-WAN dari Telkomsel IoT akan membantu manajemen trafik jaringan di setiap gerai Alfamart, dengan lebih efisien.

Pemanfaatan SD-WAN di wilayah pelosok akan membantu Alfamart untuk mengintegrasikan jaringan leased line yang sebelumnya membutuhkan proses lebih rumit dan waktu lebih lama.

Sedangkan di kota-kota besar, implementasi SD-WAN akan membantu Alfamart mengatur trafik jaringan dengan menggunakan teknologi broadband 4G LTE maupun kombinasi broadband dengan leased line.

“Telkomsel berharap solusi berbasis IoT yang dihadirkan dapat memberikan perubahan positif bagi Alfamart dalam menumbuhkan bisnisnya lebih jauh lagi dan membantunya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih baik lagi," pungkas Setyanto.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X