Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Mulai Gulirkan "Dark Mode" di Aplikasinya

Kompas.com - 30/06/2020, 07:08 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Facebook mulai menggulirkan dark mode alias mode gelap untuk aplikasinya di perangkat mobile. Fitur tersebut diketahui didapat oleh sejumlah pengguna iPad dan iPhone (iOS).

Akun Twitter @NotFridayCraig, misalnya, mengunggah gambar  tangkapan layar (screenshot) dari fitur mode gelap di aplikasi Facebook untuk iPhone. "Jadi sekarang saya punya fitur mode gelap di Facebook," tulis @NotFridayCraig.

Sekilas, tampilan mode gelap pada Facebook terlihat serupa dengan tema gelap di Instagram. Mode ini membuat tampilan Facebook didominasi oleh warna hitam. Sedangkan, untuk tampilan teks pada menu, tulisan, dan nama kontak yang tertera, akan berwarna putih.

Baca juga: Coca-cola dan Unilever Setop Beriklan di Facebook, Mark Zuckerberg Rugi Rp 103 Triliun

Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa mode gelap di aplikasinya baru digulirkan untuk sebagian kecil pengguna aplikasinya (di iOS) secara global untuk saat ini, dalam rangka uji coba.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (30/6/2020), belum diketahui kapan semua pengguna aplikasi Facebook bakal kebagian dark mode.

Facebook sebelumnya sudah lebih dulu menghadirkan mode gelap di versi web dari layanannya yang diakses lewat peramban desktop.

Juru bicara Facebook mengatakan, dark mode dimaksudkan untuk "mengurangi silau", terutama saat pengguna berada di lingkungan dengan pencahayaan remang-remang.

Baca juga: Diuji, Mode Gelap iOS 13 Bisa Bikin Baterai iPhone Tahan Lebih Lama

Layanan-layanan lain di bawah bendera Facebook juga telah mendapatkan dark mode lebih awal. Selain Instagram, WhatsApp sudah menawarkan mode serupa sejak beberapa waktu lalu, demikian juga Messenger.

Dark mode dengan warna tampilan yang serba gelap belakangan populer di kalangan pengguna dan pembuat aplikasi. Di samping lebih nyaman di mata, mode gelap juga dapat menghemat pemakaian baterai, terutama di perangkat dengan layar OLED.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com