Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Kamera iPhone SE 2020 Kalah dari 36 Ponsel Lain

Kompas.com - 30/06/2020, 19:15 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Situs benchmarking DxOMark baru saja merilis hasil pengujian kamera utama dan kamera selfie iPhone SE 2020. Skor overall dari ponsel tersebut adalah sebesar 101 poin.

Meski menyandang predikat sebagai iPhone versi "murah" dari Apple untuk tahun ini, menurut DxOMark, hardware kamera iPhone SE 2020 hanya sebanding dengan iPhone XR keluaran 2018 yang memiliki skor sama.

Baca juga: Dibongkar, Harga Asli iPhone SE 2020 Ternyata Hanya Rp 3 Jutaan

Untuk kategori foto, iPhone SE menghasilkan skor DxOMark sebesar 103 poin, sama dengan Google Pixel 3 yang dirilis 2 tahun lalu. Nilainya kalah dari 36 ponsel lain di benchmark DxOMark, termasuk model-model Android seperti Zenfone 6 dan Xiaomi Mi 9.

Meski demikian, DxOMark menilai kualitas kameranya sebenarnya sama dengan kamera utama di iPhone 11. iPhone SE 2020 terganjal jumlah kamera belakang yang hanya satu buah. Tidak seperti jajaran iPhone 11 yang memiliki kamera lebih banyak.

Hasil pengujian kamera iPhone SE (2020) dari DxOMark wccftech.com Hasil pengujian kamera iPhone SE (2020) dari DxOMark


"Tanpa kamera ultra wide, zoom, atau bokeh di (iPhone) SE, perangkat terbaru Apple ini memiliki kekurangan dibanding ponsel-ponsel multicamera," tulis DxOMark dalam laporannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (30/6/2020).

Di kategori video, iPhone SE 2020 mencetak skor 98 poin. DxOMark mencatat exposure hasil videonya mirip dengan iPhone 11, walaupun tampak sedikit gelap dalam kondisi low-light.

iPhone SE 2020 memiliki sensor kamera utama 12 MP (f/1.8), dengan phase-detection autofocus (PDAF), Optical Image Stabilization (OIS), dan zoom digital hingga lima kali.

Baca juga: Situs Apple Indonesia Sudah Pajang iPhone SE 2020

Sedangkan, kamera depannya dibekali dengan sensor 7 MP (f/2.2) dan lensa dengan fixed focus (non-autofocus) yang relatif tertinggal dari ponsel-ponsel lain saat ini. 

DxOMark menguji kamera depan secara terpisah. Untuk kamera depan iPhone SE 2020, laporan pengujiannya bisa dilihat di tautan berikut. Sementara, untuk kamera utama, bisa disimak di link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com