Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos TKDN, Oppo Reno4 Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 01/07/2020, 15:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Maret dan April 2020 lalu, Oppo merilis Reno3 dan Reno3 Pro secara berurutan di Indonesia. Kemungkinan, Oppo akan segera memboyong penerusnya, yakni Oppo Reno4 ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Pasalnya, sebuah perangkat dengan nomor model CPH2113, muncul di laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri Kementerian Perindustrian (TKDN Kemenperin).

Perangkat yang terdaftar dengan nomor sertifikat 362/SJ-IND/8/TKDN/5/2020 itu dinyatakan telah mengantongi nilai TKDN sebesar 31,85 persen.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Reno 3 di Indonesia

Tangkapan layar sertifikasi Oppo Reno4 di situs TKDN Kemenperin.TKDN Kemenperin Tangkapan layar sertifikasi Oppo Reno4 di situs TKDN Kemenperin.

Nomor model yang sama juga terdaftar di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo dengan nomor sertifikat 68462/SDPPI/2020. Kemungkinan, CPH2113 merupakan kode untuk Oppo Reno4.

Tangkapan layar laat Postel DItjen SDPPI Kemenkominfo yang memuat sertifikasi Reno4.Postel SDPPI Kemenkominfo Tangkapan layar laat Postel DItjen SDPPI Kemenkominfo yang memuat sertifikasi Reno4.

Tidak hanya satu model. Laman TKDN juga memuat sertifikasi perangkat Oppo lain dengan nomor model CPH2109.

Dari penulusuran, kemungkinan model tersebut merujuk pada Oppo Reno4 Pro. Perangkat ini terdaftar dengan nomor sertifikat 399/SJ-IND.8/TKDN/5/2020 dan nilai TKDN sebesar 30,25 persen.

Tangkapan layar sertifikasi Reno4 Pro di laman TKDN Kemenperin.TKDN Kemenperin Tangkapan layar sertifikasi Reno4 Pro di laman TKDN Kemenperin.

Dihimpun KompasTekno dari BGR, Rabu (1/7/2020), nomor model CPH2113 juga telah terdaftar di situs Komisi Penyiaran dan Telekomunikasi Nasioan (NTBC) Thailand.

Dalam sertifikasi itu, disebutkan dengan jelas bahwa perngkat yang didaftarkan adalah Oppo Reno4. Namun, tidak dijabarkan spesifikasiyang akan diusung.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno 2 dan Reno 2F di Indonesia

Oppo Reno4 sebenarnya sudah dirilis di China beberapa waktu lalu. Reno4 versi China memiliki bentang layar 6,55 inci dengan panel AMOLED dan resolusi full HD plus.

Ponsel tersebut "diotaki" chipset Snpadragon 765G yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 620. Di sektor kamera, ada tiga lensa yang terpasang di belakang, yakni kamera utama 48 MP, ultrawide 12 MP, dan telefoto 13 MP.

Sementara di depan, tersemat kamera tunggal beresolusi 32 MP yang tertanam di lubang kamera. Seperti Reno3 Pro, Reno4 didukung fitur pemindai sidik jari dalam layar.

Baterainya berkapasitas 4.000 mAh yang didukung pengisi daya cepat 65 wat. Renoo4 menjalankan sistem operasi Android 19 yang dilapisi ColorOS 7.1.

Baca juga: Daftar Harga Ponsel Oppo Juni 2020, Seri A92 dan A1K Turun

Namun, kemungkinan spesifikasi Reno4 versi China dan Indonesia akan berbeda. Sebab, Reno4 di China memiliki kode PDPM00 dan PDPT00, kode untuk versi "Pro". Bagimana versi di Indonesia? Kita tunggu kabar selanjutnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com