Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Akuisisi North, Perusahaan Kacamata Augmented Reality

Kompas.com - 02/07/2020, 17:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google dilaporkan telah mengakuisisi North, sebuah perusahaan pembuat kacamata pintar berbasis Augmented Reality (AR) asal Kanada.

Raksasa teknologi tersebut menilai bahwa North memiliki faktor-faktor dan keahlian teknis yang dapat membantunya dalam mengembangkan perangkat berteknologi AR di masa yang akan datang.

Nilai akuisisi North tidak diungkapkan. Namun, kabarnya Google mengeluarkan uang sebesar  180 juta dollar AS atau Rp 2,1 triliun. Dengan akuisisi tersebut, North akan mulai mematikan fungsi-fungsi di produk kacamata pintar miliknya, Focals.

Baca juga: Google Rilis Fitur untuk Mencegah Spam dan Penipuan Lewat Telepon

Artinya, pengguna yang sebelumnya telah merogoh kocek hingga 1.000 dollar AS (Rp 14,4 juta) untuk mendapatkan Focals generasi pertama, bakal tak bisa menggunakan kacamata tersebut dalam waku dekat.

Focals merupakan perusahaan asal Kanada yang membuat kacamata pintar dengan teknik proyeksi laser di lensa. Produk pertamanya, kacamata Focals 1.0 (generasi pertama), dirilis pada Januari 2019 dengan banderol seperti tersebut di atas.

Harga Focals 1.0 turun drastis menjadi hanya 600 dollar AS (Rp 8,6 juta) dalam waktu satu bulan setelah debut perdananya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Google Siapkan Fitur Ganti Background Mirip Zoom untuk Meet

Kacamata pintar Focals terhubung ke smartphone melalui Bluetooth untuk melakukan beberapa hal seperti meneruskan notifikasi dan pesan dari ponsel. Kendali dilakukan lewat cincin yang dipasang di jari.

Upaya North mengembangkan kacamata pintar bisa dibilang tidak mulus. Tahun lalu, North memberhentikan hampir 500 karyawannya karena kesulitan keuangan. Produksi kacamata pintar generasi kedua sempat direncanakan, namun batal setelah akuisisi oleh Google.

North akan bergabung dengan tim Google di Kitchener-Waterloo, Kanada. Google sendiri diketahui memiliki produk kacamata pintar untuk bisnis dan developer. Belum diketahui apakah North nanti akan ikut serta dalam pengembangannya atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com