Produksi Pixel 3a Dihentikan, Tanda Kemunculan Pixel 4a?

Kompas.com - 03/07/2020, 16:56 WIB
Pixel 3a memiliki ukuran layar seluas 5,6 inci. Lebih kecil dari Pixel 3a XL. Yudha Pratomo/KompasTeknoPixel 3a memiliki ukuran layar seluas 5,6 inci. Lebih kecil dari Pixel 3a XL.

KOMPAS.com - Google resmi menyetop produksi ponsel kelas menegah miliknya, yakni Pixel 3a dan 3a XL. Keberadaan kedua ponsel tersebut saat ini tergolong langka dan dilaporkan tidak lagi tersedia pada Google Store.

Para pembeli yang masih ingin mendapatkan kedua ponsel tersebut disarankan untuk memeriksa ketersediaan unit pada beberapa penjual pihak ketiga seperti Amazon.

"Google Store telah selesai melakukan penjualan pada Pixel 3a. Bagi pelanggan yang masih tertarik dengan Pixel 3a, produk tersebut masih tersedia dibeberapa mitra jika stok masih ada," ujar Google dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

Baca juga: Otak di Balik Canggihnya Kamera Google Pixel Hengkang

Hal ini bisa jadi menimbulkan rasa kecewa bagi para penggemar ponsel Pixel. Sebab untuk ponsel kelas menengah, Pixel 3a dinilai memiliki kualitas kamera yang mumpuni serta hadir dengan harga yang cukup terjangkau.

Pertama kali dirilis pada Mei 2019 lalu, Pixel 3a dijual seharga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,7 juta, sementara Pixel 3a XL dibanderol 479 dollar AS atau Rp 6,9 juta.

Berhentinya produksi Pixel 3a dan 3a XL menandakan bahwa lini Pixel 3 resmi hilang dari pasaran. Dengan demikian, Google hanya memiliki Pixel 4 sebagai satu-satunya produk ponsel yang masih tersedia.

Tanda kehadiran Pixel 4a?

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (3/7/2020), dihentikannya produksi Pixel 3a dan 3a XL bisa jadi dimaksudkan untuk "membuka jalan" bagi calon ponsel menengah berikutnya dari Google, seri Pixel 4a.

Jajaran ponsel Pixel 4a memang disinyalir bakal segera hadir menyusul Pixel 4, seperti juga seri Pixel 3a yang dirilis setelah Pixel 3 tahun lalu.

Berdasarkan rumor yang beredar, Pixel 4a kabarnya akan hadir dengan layar 5,81 inci beresolusi 2.340 x 1.080 piksel. Pixel 4a XL, kalau ada, kemungkinan akan memiliki layar lebih lebar.

Baca juga: Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

Untuk spesifikasi lainnya, Pixel 4a disebut bakal membawa kamera belakang 12,2 MP, kamera selfie 8 MP, pemindai sidik jari pada bagian punggung ponsel, serta jack 3.55 mm.

Mulanya, Pixel 4a disebut akan diperkenalkan dalam ajang tahunan I/O. Namun ajang tersebut dibatalkan menyusul kekhawatiran wabah Covid-19.

Hingga saat ini belum ada kepastian mengenai kapan Pixel 4a akan hadir di pasaran. Beberapa rumor menyebut bahwa ponsel tersebut akan hadir pada bulan Oktober mendatang bersama seri Pixel 5.



Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X