5 Kamera Pengawas yang Bisa Dikendalikan dari Smartphone

Kompas.com - 05/07/2020, 15:12 WIB
Ilustrasi CCTV ShutterstockIlustrasi CCTV

KOMPAS.com - Saat sedang mengunjungi pusat perbelanjaan atau tempat-tempat umum lainnya, tak jarang jika terdapat sejumlah kamera pengawas yang bertengger di sudut-sudut tempat.

Selain di pertokoan, kamera pengawas juga sudah banyak dipasang di sekitar kawasan rumah-rumah warga. Perangkat kamera pengawas sendiri digunakan untuk mengawasi dan merekam peristiwa di sekitar lokasi tempat kamera dipasang.

Sehingga, jika terjadi pencurian atau hal-hal yang tidak diinginkan, pengguna dapat membawa bukti rekaman dan melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak yang berwajib.

Baca juga: Kejahatan Marak di Indonesia, Kamera CCTV Bisa Apa?

Secara umum ada dua tipe kamera pengawas yang populer, yakni CCTV analog dan IP camera. Kamera CCTV (Closed Circuit Television) terhubung dan merekam ke DVR (Digital Video Recorder), yang kemudian menampilkan rekaman lewat layar monitor komputer.

Sementara itu, IP camera yang merekam dalam format digital tidak membutuhkan sambungan di DVR karena mampu mengirimkan video lewat jaringan internet. 

Tangkapan IP camera pun bisa dilihat melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, hingga komputer, di mana pun pengguna berada.

Nah, apabila berminat memasang IP camera untuk memantau keamanan di rumah atau tempat lain, di bawah ini ada daftar beberapa model yang tersedia di pasaran Indonesia, dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

1. Mi Home Security Camera

Mi Home Security CameraXiaomi Mi Home Security Camera

Mi Home Security Camera dari Xiaomi memiliki desain yang simple dengan balutan warna putih pada bodinya. IP Camera yang satu ini juga dapat berputar hingga 360 derajat, sehingga dapat difokuskan pada area-area tertentu yang diminati.

Dengan fitur Infrared Night Vision, Mi Home Security Camera diklaim dapat merekam gambar  di ruangan gelap. Pengguna bisa menghubungkan  kamera dan ponsel menggunakan aplikasi Mi Home.

Baca juga: Ponsel Android dan iPhone Bekas Bisa Dijadikan CCTV, Begini Caranya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X