Ciri-ciri HP Kentang, Tak Semuanya Ponsel Murah

Kompas.com - 06/07/2020, 13:07 WIB
ilustrasi smartphone cnet.comilustrasi smartphone

KOMPAS.com - Istilah " HP Kentang" menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan. Semenjak banyak vendor smartphone baru bermunculan, menghadirkan beragam jenis handphone (HP) dengan spesifikasi berbeda-beda.

Julukan "HP Kentang" pun sudah cukup familiar di kalangan para gamer atau penggiat gadget. Lantas, smartphone seperti apa yang bisa disebut sebagai "HP Kentang"?

Pengamat gadget, Lucky Sebastian mengatakan bahwa, istilah "kentang" yang dimaksud adalah singkatan dari "kena tanggung" yang merujuk pada spesifikasi yang diusung dari smartphone tersebut.

"Kabarnya, 'kentang' itu singkatan dari kena tanggung, sesuai artinya yaitu spesifikasi gawai yang tanggung," ujar Lucky saat dihubungi KompasTekno, Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Pria Magelang Bikin HP Kentang dari Nokia 3310

Senada dengan Lucky, pengamat gadget, Herry SW juga menuturkan hal yang sama.

" HP kentang adalah ponsel dengan spesifikasi pas-pasan. Kentang itu kan "kena tanggung" dan terbatas banget kemampuannya misalnya prosesor kelas bawah, memori kecil, dan lainnya," ujar Herry.

Lucky menambahkan bahwa HP kentang dianggapnya merupakan smartphone yang kurang mumpuni untuk bermain game karena terlalu berat dan bisa mengakibatkan smartphone menjadi lemot.

"HP kentang itu kira-kira HP yang spesifikasinya pas-pasan, sehingga ketika digunakan untuk bermain game yang berat sering tidak mampu atau lag parah, karena tidak di desain untuk itu," lanjutnya.

Lalu, smartphone apakah yang masuk dalam kategori "Kentang" yang dimaksud?

Menurut Lucky, HP yang masuk dalam kategori kentang adalah smartphone yang menyasar segmen entry-level dengan kapasitas RAM yang terbilang kecil.

Baca juga: Daftar Ponsel di Bawah Rp 3 Juta untuk Main PUBG Mobile

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X