Istilah HP Kentang untuk Ejek Ponsel Pas-pasan, dari Mana Asal-usulnya?

Kompas.com - 06/07/2020, 15:31 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Istilah "hape (HP) kentang" saat ini banyak digunakan, baik di dunia maya maupun nyata.

Istilah tersebut kerap dipakai untuk mengolok-olok ponsel yang memiliki spesifikasi rendah dan "melempem" saat digunakan untuk main game.

Namun, dari mana istilah ini muncul? Istilah "kentang" sendiri bukanlah sebuah ungkapan baru.

Kentang sendiri merupakan kependekan dari ungkapan "kena tanggung", atau segala sesuatu yang serba hampir dan kurang maksimal.

Sebenarnya, istilah "kentang" juga populer digunakan remaja di Amerika Serikat (AS).

Menurut situs Urban Dictionary, kentang (potato) merupakan bahasa slang untuk mengolok-olok sesuatu yang dianggap buruk, bodoh, membosankan, atau tidak menarik. Misalnya, menyebut suatu acara yang membosankan atau mengolok-olok benda yang dinilai jelek.

Baca juga: Pria Magelang Bikin HP Kentang dari Nokia 3310

Salah satu pengguna di forum diskusi Quora juga membagikan pendapatnya, bahwa bisa jadi istilah kentang diambil dari kata Fanshu yang berarti ubi dalam bahasa Kanton.

Biasanya, kata itu digunakan untuk makian kepada seseorang yang kurang pandai dengan berkata "dafanshu" yang secara harfiah berarti kentang besar.

Arti tersebut agak mirip dengan slang potato-head di Amerika yang juga kerap digunakan untuk mekian yang sama. Definisi ini agak sedikit mirip dengan arti "kentang" di Indonesia.

Umumnya, ungkapan ini ditujukan untuk menyebut sesuatu yang nilainya lebih rendah atau kurang maksimal. Tak terkecuali soal gadget.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X