Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2020, 12:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - "Awalnya takut kenapa-kenapa. Tapi karena banyak testimoni dan harganya murah, ya sudah berani coba saja," begitu kata Adam, seorang pembeli layanan premium Spotify dari penjual tak resmi kepada KompasTekno, Rabu (24/6/2020).

Ia membeli akun Spotify Premium lewat salah satu penjual di dunia maya dengan harga Rp 58.000 untuk satu tahun berlangganan, jauh lebih terjangkau dibanding harga resmi yang dipatok Spotify (Rp 500.000/tahun).

Setelah dua bulan berjalan, Adam mengaku tak menemukan masalah yang berarti. Keuntungan yang ia dapatkan pun diklaim serupa dengan layanan premium yang ditawarkan oleh Spotify seperti mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline, bebas iklan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Marak Jual Beli Akun Netflix, Spotify, dan YouTube Premium di Indonesia, Legalkah?

Sejalan dengan Adam, pembeli lainnya bernama Faruq juga merupakan seorang pengguna akun hiburan premium murah yang ditawarkan oleh penjual pihak ketiga.

Alih-alih Spotify, Faruq membeli akun Netflix untuk menonton aneka serial favoritnya dengan merogoh kocek sebesar Rp 100.000 untuk satu tahun.

Berbeda nasib dengan Adam, Faruq mengaku bahwa ia menemukan sejumlah kendala selama  menikmati layanan premium terjangkau itu.

"Karena ganti akun setiap bulan, jadi tidak bisa membuat watchlist. Seperti kemarin saat sempat baru nonton sebentar, terus aku tunda, ternyata belum ketonton lagi, jadi riwayat yang aku tonton jadi hilang," tutur Faruq ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (24/6/2020).

Terlepas dari kendala yang muncul, mengapa para penjual tak resmi bisa menawarkan harga yang jauh lebih ramah kantong dibanding harga resmi?

Pakai sistem langganan keluarga

Salah satu penjual akun online tak resmi, berinisial AP, mengaku bahwa ia mengandalkan sistem berlangganan keluarga, atau biasa disebut paket Family Plan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.