Telkom IndiHome dan Telkomsel Resmi Buka Blokir Netflix

Kompas.com - 07/07/2020, 14:19 WIB
Ilustrasi Netflix dan poster film lokal Indonesia. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PIlustrasi Netflix dan poster film lokal Indonesia.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Selasa (7/7/2020), tayangan video streaming Netflix sudah bisa diakses di seluruh jaringan Telkom Group. Pembukaan akses ini akan memungkinkan pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id mengakses konten-konten Netflix.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo. Menurut Arif, pembukaan akses Netflix ini tak lepas dari upaya pendekatan platform streaming tersebut agar sesuai dengan tuntutan pasar Indonesia.

Baca juga: Netflix Akhirnya Sudah Bisa Dibuka di IndiHome dan Telkomsel

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” ujar Arif dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020).

Pendekatan yang dimaksud adalah dengan meluncurkan beragam fitur untuk membatasi tayangan yang tak layak ditonton oleh pengguna di bawah umur, salah satunya seperti peningkatan fitur parental controls.

Pihak Netflix juga diklaim telah berkomitmen untuk mendengar keluhan, masukan, serta bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Di samping itu, Netflix juga disebut telah menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”.

Dalam komitmen tersebut, pihak Netflix sepakat tidak menayangkan konten terlarang yang mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta konten yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Baca juga: Marak Jual Beli Akun Netflix, Spotify, dan YouTube Premium di Indonesia, Legalkah?

Upaya dan komitmen Netflix inilah yang melatarbelakangi keputusan Telkom Group mencabut blokir yang sudah diterapkan sejak empat tahun lalu pada 2016.

Arif sekaligus mengimbau Netflix untuk terus mendukung pasar Indonesia lewat aneka tayangan bernuansa lokal. "Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” kata Arif.

Bagi Anda pelanggan IndiHome atau Telkomsel yang belum bisa mengakses Netflix, ada baiknya untuk bersabar sedikit karena mungkin belum mendapat "giliran". Sebab, pembukaan aksesnya tidak serentak untuk semua pelanggan.

"Karena kami memiliki struktur jaringan TelkomGroup, pembukaannya (akan) dilakukan secara bertahap," jelas Arif.

Baca juga: Blokir Netflix oleh Telkom IndiHome dan Telkomsel, Kapan Dibuka?

Sebelum resmi diumumkan oleh Telkom Group, sebagian pelanggan Telkomsel dan IndiHome mengaku sudah bisa membuka Netflix pada Selasa (7/7/2020) pagi. Celotehan mereka ramai beredar di Twitter.

Menjelang siang, semakin banyak pelanggan kedua layanan fixed broadband dan operator seluler dari Telkom Group yang dapat mengakses layanan Netflix dari perangkatnya.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, setidaknya pelanggan IndiHome dan Telkomsel di sebagian wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, hingga Jawa Barat sudah bisa mengakses Netflix.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X