Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol "Murah" Microsoft Xbox Series S Meluncur Bulan Depan?

Kompas.com - 08/07/2020, 18:21 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti Sony PlayStation 5, Microsoft diduga bakal meluncurkan dua konsol game next-gen tahun ini. Konsol pertama, Xbox Series X, sudah diumumkan beberapa bulan lalu. Konsol kedua diprediksi akan segera menyusul diperkenalkan pada Agustus 2020.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa konsol next-gen kedua dari Microsoft tersebut bakal dinamai sebagai "Xbox Series S" dan dimaksudkan sebagai alternatif yang dijual lebih murah dari Xbox Series X.

Baca juga: Xbox Series X Bisa Mainkan Semua Game Konsol Xbox Lawas

Desain fisiknya disinyalir bakal berbeda, serupa "kotak" seperti gambar rekaan di atas, dan lebih pendek dari Xbox Series X yang berbentuk persegi panjang yang diletakkan secara vertikal.

Spesifikasi Xbox Series S kabarnya juga lebih rendah, dengan RAM berkapasitas hanya 7,5 GB dan daya komputasi pengolah grafis (GPU) sebesar 4 teraflops.

Sebagai perbandingan, Xbox Series X bakal memiliki RAM 13,5 GB dengan performa GPU yang lebih tinggi, yakni hingga 12 teraflops, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (8/7/2020).

Xbox Series S pun disinyalir lebih ditujukan untuk menjalankan game di resolusi Full HD (1080p), alih-alih 4K dengan frame rate tinggi seperti Xbox Series X.

Baca juga: Harga Game PS5 dan Xbox Series X Menurut Prediksi Analis

Soal harganya, Xbox Series S diprediksi akan memiliki banderol separuh dari Xbox Series X yang kabarnya bakal dijual seharga 400 dollar AS (Rp 5,8 juta). Kendati demikian, informasi di atas masih sebatas rumor belaka.

Belum bisa dipastikan apakah Xbox Series S -kalaupun betul ada dan memang itu namanya- akan benar-benar memiliki spesifikasi lebih rendah, ataukah sekadar menghilangkan optical drive Blu-Ray seperti PS5 edisi digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com