Konsol "Murah" Microsoft Xbox Series S Meluncur Bulan Depan?

Kompas.com - 08/07/2020, 18:21 WIB
Ilustrasi Xbox Series S Lockhart Reddit - u/jiveduderIlustrasi Xbox Series S Lockhart

KOMPAS.com - Seperti Sony PlayStation 5, Microsoft diduga bakal meluncurkan dua konsol game next-gen tahun ini. Konsol pertama, Xbox Series X, sudah diumumkan beberapa bulan lalu. Konsol kedua diprediksi akan segera menyusul diperkenalkan pada Agustus 2020.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa konsol next-gen kedua dari Microsoft tersebut bakal dinamai sebagai " Xbox Series S" dan dimaksudkan sebagai alternatif yang dijual lebih murah dari Xbox Series X.

Baca juga: Xbox Series X Bisa Mainkan Semua Game Konsol Xbox Lawas

Desain fisiknya disinyalir bakal berbeda, serupa "kotak" seperti gambar rekaan di atas, dan lebih pendek dari Xbox Series X yang berbentuk persegi panjang yang diletakkan secara vertikal.

Spesifikasi Xbox Series S kabarnya juga lebih rendah, dengan RAM berkapasitas hanya 7,5 GB dan daya komputasi pengolah grafis (GPU) sebesar 4 teraflops.

Sebagai perbandingan, Xbox Series X bakal memiliki RAM 13,5 GB dengan performa GPU yang lebih tinggi, yakni hingga 12 teraflops, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (8/7/2020).

Xbox Series S pun disinyalir lebih ditujukan untuk menjalankan game di resolusi Full HD (1080p), alih-alih 4K dengan frame rate tinggi seperti Xbox Series X.

Baca juga: Harga Game PS5 dan Xbox Series X Menurut Prediksi Analis

Soal harganya, Xbox Series S diprediksi akan memiliki banderol separuh dari Xbox Series X yang kabarnya bakal dijual seharga 400 dollar AS (Rp 5,8 juta). Kendati demikian, informasi di atas masih sebatas rumor belaka.

Belum bisa dipastikan apakah Xbox Series S -kalaupun betul ada dan memang itu namanya- akan benar-benar memiliki spesifikasi lebih rendah, ataukah sekadar menghilangkan optical drive Blu-Ray seperti PS5 edisi digital.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X