Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Setop Update untuk Galaxy S dan Galaxy Tab Lawas

Kompas.com - 09/07/2020, 16:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung menghentikan update patch sekuriti untuk dua model smartphone dan tablet lawas, yakni Galaxy S7 Actice dan Galaxy Tab A 10.1. Keduanya merupakan perangkat keluaran tahun tahun 2016 sehingga telah menerima pembaruan selama empat tahun.

Samsung juga mengubah mekanisme update software untuk beberapa ponsel lama, yakni Galaxy S8 Lite, Galaxy A6 Plus (2018), Galaxy J7 Top, Galaxy J6, Galaxy J4, Galaxy J3 Top.

Baca juga: Update Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra Tingkatkan Kemampuan Kamera

Status mereka diturunkan dari update rutin per kuartal menjadi "other regular security updates". Artinya, pembaruan sekuriti hanya akan diberikan jika memang ada kebutuhan.

Pabrikan asal Korea Selatan ini meamng membagi jadwal pembaruan software untuk perangkatnya ke dalam tiga kategori. Kategori paling tinggi adalah pembaruan software rutin tiap bulan.

Kemudian, di bawahnya adalah kategori quarterly security update akan memberikan pembaruan software setiap tiga bulan sekali. Terakhir, other security update sebelum dukungan pembaruan software benar-benar disetop, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Ponsel Samsung Dijual Tanpa Charger Tahun Depan?

Tahun 2019 lalu, Samsung berada di urutan keenam sebagai vendor smartphone paling rajin menggulirkan pembaruan software, menurut AOSmark. Sebelumnya, Samsung kerap dikeluhkan lamban menyalurkan pembaruan ke perangkat pengguna.

Biasanya sistem operasi Android antar baru akan tersedia di lini flagship Samsung sekitar Februari atau Maret. Namun mulai tahun lalu saat muncul pembaruan Android 9 Pie, ponsel Samsung sudah mendapatkan udpate pada bulan Januari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com