Samsung Setop Update untuk Galaxy S dan Galaxy Tab Lawas

Kompas.com - 09/07/2020, 16:11 WIB
Galaxy S7 Active kemasukan air dan mengalami kerusakan pada layar dalam pengujian yang dilakuan oleh Consumer Reports Consumer ReportsGalaxy S7 Active kemasukan air dan mengalami kerusakan pada layar dalam pengujian yang dilakuan oleh Consumer Reports

KOMPAS.com - Samsung menghentikan update patch sekuriti untuk dua model smartphone dan tablet lawas, yakni Galaxy S7 Actice dan Galaxy Tab A 10.1. Keduanya merupakan perangkat keluaran tahun tahun 2016 sehingga telah menerima pembaruan selama empat tahun.

Samsung juga mengubah mekanisme update software untuk beberapa ponsel lama, yakni Galaxy S8 Lite, Galaxy A6 Plus (2018), Galaxy J7 Top, Galaxy J6, Galaxy J4, Galaxy J3 Top.

Baca juga: Update Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra Tingkatkan Kemampuan Kamera

Status mereka diturunkan dari update rutin per kuartal menjadi "other regular security updates". Artinya, pembaruan sekuriti hanya akan diberikan jika memang ada kebutuhan.

Pabrikan asal Korea Selatan ini meamng membagi jadwal pembaruan software untuk perangkatnya ke dalam tiga kategori. Kategori paling tinggi adalah pembaruan software rutin tiap bulan.

Kemudian, di bawahnya adalah kategori quarterly security update akan memberikan pembaruan software setiap tiga bulan sekali. Terakhir, other security update sebelum dukungan pembaruan software benar-benar disetop, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Ponsel Samsung Dijual Tanpa Charger Tahun Depan?

Tahun 2019 lalu, Samsung berada di urutan keenam sebagai vendor smartphone paling rajin menggulirkan pembaruan software, menurut AOSmark. Sebelumnya, Samsung kerap dikeluhkan lamban menyalurkan pembaruan ke perangkat pengguna.

Biasanya sistem operasi Android antar baru akan tersedia di lini flagship Samsung sekitar Februari atau Maret. Namun mulai tahun lalu saat muncul pembaruan Android 9 Pie, ponsel Samsung sudah mendapatkan udpate pada bulan Januari.



Sumber GSM Arena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X