Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tak Sengaja Bocorkan Tanggal Peluncuran Android 11

Kompas.com - 10/07/2020, 17:03 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar kehadiran sistem operasi Android 11 kembali terendus. Google tanpa sengaja membocorkan tanggal peluncuran Android 11

Sistem operasi terbaru ini kemungkinan akan dirilis pada 8 September 2020 mendatang. Kabar tersebut bocor dalam sebuah presentasi yang ditampilkan oleh Product Management Director Google Smart Home, Michele Turner, melalui kanal YouTube Google.

Slide presentasi itu menampilkan informasi dengan judul "Checklist for September 8th Android 11 launch".

Video tersebut juga menampilkan narasi Turner yang mengatakan "kami akan meluncurkannya pada 8 September nanti". Namun, video itu kini sudah dihapus oleh Google.

Screenshot Google bocoran tanggal peluncuran Android 11theverge.com Screenshot Google bocoran tanggal peluncuran Android 11

Tanggal peluncuran tersebut memang bisa dibilang masuk akal. Pasalnya, tahun lalu sistem operasi Android 10 juga diluncurkan pada bulan yang sama yaitu tepatnya di tanggal 3 September 2019.

Baca juga: 5 Fitur Android 11 yang Dicomot dari iOS

Jika kabar yang dibagikan Turner itu benar, maka Google tetap mempertahankan waktu yang sama untuk meluncurkan sistem operasi (OS) Android terbarunya, seperti tahun lalu.

Pasalnya, tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat sejumlah perusahaan harus menunda peluncuran produk-produk terbarunya.

Kendati demikian, bocoran tanggal di atas tentunya belum bisa dipastikan. Google pun
belum mengonfirmasi kapan Android 11 mulai digulirkan secara global.

Sebelumnya pada bulan Juni lalu, Google sudah lebih dulu merilis sistem operasi Android 11 versi beta yang dapat dicoba oleh pengguna ponsel Pixel.

Dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (10/7/2020), Android 11 versi beta ini sudah tersedia untuk perangkat buatan Google seperti Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL.

Baca juga: Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

Untuk melakukan pembaruan, pengguna dapat melakukan update secara over-the-air (OTA)

Android 11 versi beta pun untuk pertama kalinya menghadirkan fitur screen recorder untuk merekam video aktivitas di layar ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com