Huawei Patenkan Ponsel Layar Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Kompas.com - 11/07/2020, 08:05 WIB
Huawei mengajukan paten ponsel layar lipat dengan bentuk clamshell. GSM ArenaHuawei mengajukan paten ponsel layar lipat dengan bentuk clamshell.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr adalah ponsel lipat berbesain clamshell dari masing-masing pabrikan. Belakangan, Huawei disinyalir tertarik mengembangkan perangkat sejenis. 

Indikasinya terlihat dari sebuah paten Huawei yang dipublikasikan oleh China National Intellectual Property Administration (CNIPA).

Rancangan perangkat dalam paten memperlihatkan sebuah ponsel yang bisa dilipat di sumbu horizontal sehingga berubah bentuk dari persegi panjang menjadi persegi ketika dalam keadaan terlipat.

Baca juga: Huawei Salip Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia Kuartal II-2020?

Di bagian atas layar terdapat sebuah notch yang kemungkinan memuat kamera depan, untuk digunakan menjepret selfie ketika perangkat dibentangkan. Sementara, di punggung terdapat modul rangkaian kamera belakang yang disusun segaris vertikal.

Di luar desain bentuknya, tidak ada keterangan lain terkait ponsel layar lipat ini. Tidak diketahui pula seperti apa spesifikasi ponsel tersebut.

Namun, sejumlah rumor mengatakan bahwa Huawei berencana unutk menggunakan teknologi layar Ultra Thin Glass, mirip yang telah lebih dulu diterapkan Samsung di Galaxy Z Flip, seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (10/7/2020).

Keberadaan paten ini bertolak belakang dengan pernyataan yang sempat diutarakan oleh seorang petinggi Huawei di Inggirs, Anson Zhang, beberapa waktu lalu. Ketika itu Zhang mengatakan bahwa Huawei tidak berminat membikin ponsel lipat seperti Galaxy Z Flip.

"Jika (ponsel lipat) tidak memberikan layar lebih lega ketika dibentangkan, lalu untuk apa pakai mekanisme lipat?" tutur Zhang.

Baca juga: Alasan Huawei Tak Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Ia juga mengatakan bahwa ponsel layar lipat dibuat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Oleh karena itulah foldable phone dibuat agar pengguna bisa menikmati ponsel layar lebar dengan bentuk yang lebih ringkas.

" Foldable phone dibuat agar memiliki tampilan yang lebih baik untuk membaca, video, bahkan multitasking seperti yang diperlihatkan Richard Yu," ungkap Zhang.

Huawei sendiri sebenarnya sudah membuat ponsel lipat dari seri Mate X yang lebih mirip Galaxy Fold dibanding Galaxy Z Flip. Layar Mate X dilipat di sumbu vertikal ke arah luar, kebalikan dari Galaxy Fold yang dilipat ke arah dalam seperti menutup buku.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Mate Xs Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Rp 39 Juta



Sumber GSM Arena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X