Jumlah Download Game Mobile Pecahkan Rekor Baru Akibat WFH

Kompas.com - 13/07/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi game Mobile Legends IstIlustrasi game Mobile Legends

KOMPAS.com - Kebijakan Work From Home (WFH) yang diberlakukan di berbagai negara sejak beberapa bulan terakhir, membuat jumlah download game mobile memecahkan rekor baru.

Firma riset aplikasi mobile, App Annie, mencatat bahwa terjadi lonjakan jumlah unduhan terhadap game mobile baik di iOS maupun Android sejak minggu pertama.

Dalam kurun waktu satu minggu di kuartal kedua (Q2) 2020, game mobile di kedua platform tersebut telah diunduh sebanyak 1,2 miliar kali secara global. Angka tersebut meningkat 20 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Jika dihitung secara keseluruhan, pada Q2 2020 ini, jumlah game mobile yang diunduh di iOS hampir mencapai angka 3 miliar kali. Angka ini juga meningkat 20 persen dari periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Pengalaman Main Game Mobile di Indonesia Mendapat Nilai Buruk

Sementara game di platform Android, telah diunduh sebanyak 11 miliar kali selama periode April hingga Juni.

India dan Brasil menjadi dua negara dengan jumlah unduhan game mobile paling masif di Google Play Store. Sedangkan Amerika Serikat dan China, menjadi pasar terbesar untuk game di iOS.

Selain jumlah unduhan, peningkatan ini juga diikuti dengan rekor baru untuk jumlah pengeluaran untuk game mobile.

Pada periode waktu yang sama, para pemain game mobile di dunia menghabiskan total 19 milar dollar AS, atau sekitar Rp 274,7 triliun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Equal Ocean, Minggu (12/7/2020).

Angka tersebut tidaklah mengejutkan. Sebab, pada 2019 lalu, pencinta game lebih banyak menghabiskan uang mereka untuk game mobile ketimbang konsol.

Hal tersebut juga terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan lembaga riset App Annie selama tahun 2019.

Baca juga: Perjalanan 10 Tahun Game Mobile di Indonesia

Pada tahun 2019, secara kumulatif, para pencinta game menghabiskan hampir 100 miliar dollar AS atau Rp 13.650 triliun untuk melakukan pembelian game mobile maupun item yang ada dalam game tersebut.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut bahkan lebih besar dari pengeluaran yang dihabiskan untuk game konsol, game PC, dan game perangkat handheld.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X