Kompas.com - 13/07/2020, 17:33 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Perintis Linux, Linus Torvalds, menyetujui proposal penggantian sejumlah istilah di ekosistem Linux. Beberapa istilah yang dimaksud mencakup master/slave dan blacklist/whitelist.

Permintaan untuk mengubah istilah ini diajukan seorang pemelihara sistem interface (kernel) Linux, Dan Williams, pada 4 Juli lalu di situs LKML.org.

Menurut Dan, istilah seperti master/slave dan blacklist/whitelist perlu dipensiunkan demi menciptakan coding yang lebih netral dan inklusif.

Selain itu, menurutnya, kata "master" dan "slave" juga dapat mengarah pada arti yang negatif. Jika melihat sejarah, kedua kata ini memiliki hubungan dengan sejarah perbudakan di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Pernah Disebut Kanker, Linux Akhirnya Didukung Microsoft

Begitu juga dengan kata "black" dan "white". Kedua kata ini kental dengan konotasi rasisme yang tengah ramai dan sensitif di AS belakangan ini.

Berikut sejumlah calon pengganti istilah master/slave yang diajukan oleh Dan.

- primary/secondary
- main/replica atau subordinate
- initiator/target
- requester/responder
- controller/device
- host/worker atau proxy
- leader/follower
- director/performer

Sementara untuk pengganti istilah blacklist/whitelist, Dan hanya memberikan dua opsi yakni denylist/allowlist atau blocklist/passlist.

Meski demikian, belum bisa dipastikan istilah mana yang berperan menjadi pengganti master/slave dan blacklist/whitelist tadi.

Namun, pihak Linux meminta para pengembang untuk memilih istilah baru ketika mereka membuat kernel atau dokumentasi project Linux anyar.

Halaman:
Sumber ZDNet


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.