Begini Cara Menggunakan Google Classroom untuk Belajar dari Rumah

Kompas.com - 14/07/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi Google Classroom ShutterstockIlustrasi Google Classroom

KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, sebagian besar pelajar di seluruh Indonesia masih harus belajar dari rumah. Sebab, pandemi Covid-19 tak kunjung mereda.

Beberapa sekolah pun memanfaatkan berbagai platform untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di rumah. Salah satu yang banyak digunakan adalah Google Classroom.

Platform ini mulai populer di kalangan pendidik dan peserta didik sejak awal tahun 2020, tepatnya sejak imbauan untuk belajar dari rumah karena pandemi.

Baca juga: Google Siapkan Fitur Ganti Background Mirip Zoom untuk Meet

Namun, untuk sebagian siswa baru yang mungkin belum familiar dengan Google Classroom. KompasTekno telah membuat panduan singkat bagaimana cara mengakses Google Classroom dan apa saja isi di dalamnya.

Cara akses

Pertama-tama, siswa harus log-in lebih dulu menggunakan akun Gmail. Kemudian, klik ikon menu aplikasi Google yang ada di sebelah kiri foto profil.

Gulir ke bawah sampai menemukan aplikasi "Classroom". Setelah laman Clasroom terbuka, klik tombol "tambah" yang ada di sebelah kiri menu aplikasi Google. Lalu, pilih gabung kelas.

Klik tambah untuk gabung ke kelas baru. Riwayat kelas akan tersimpan otomatis.Google Klik tambah untuk gabung ke kelas baru. Riwayat kelas akan tersimpan otomatis.

Setelahnya, masukan kode yang telah dibagikan guru. Guru juga bisa membagikan tautan atau link Google Classroom di mana siswa bisa langsung mengklik tautan tersebut untuk gabung ke kelas. Nantinya, riwayat kelas akan tersimpan otomatis.

Ada fitur apa saja?

Setelah bergabung, akan muncul halaman kelas mata pelajaran. Di sini, siswa bisa melihat materi, tugas, atau informasi lain dari guru. Halaman tersebut akan menampilkan judul mata pelajaran yang sedang diikuti dan nama guru pengampu.

Baca juga: Link Download TVRI Klik untuk Live Streaming Program Belajar dari Rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X