Redmi 9 Versi Indonesia Tak Punya NFC, Ini Alasan Xiaomi

Kompas.com - 15/07/2020, 06:56 WIB
Punggung Redmi 9 yang memiliki dua tekstur. Bagian lingkaran yang membingkai modul kamera bertekstur halus sementara sisanya bermotif garis-garis halus. Kompas.com/Wahyunanda KusumaPunggung Redmi 9 yang memiliki dua tekstur. Bagian lingkaran yang membingkai modul kamera bertekstur halus sementara sisanya bermotif garis-garis halus.

KOMPAS.com - Xiaomi resmi memboyong Redmi 9 ke pasar Indonesia, Selasa (14/7/2020). Ponsel ini merupakan penerus Redmi 8 yang dirilis tahun lalu.

Seperti Redmi 8, Redmi 9 juga tidak dibekali fitur "Near Field Communication" atau NFC. Padahal, smartphone yang sama di pasaran internasional memiliki kemampuan ini.

Baca juga: Redmi 9 Resmi Dirilis, Punya 4 Kamera dan NFC Harga Rp 2,4 Juta

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia menjelaskan bahwa salah satu pertimbangan di balik absennya NFC pada Redmi 9 adalah ongkos produksi.

"Karena sebenarnya, NFC menambah elemen biaya, jadi ada faktor trade off di sini," ujar Alvin dalam sesi tanya jawab online selepas peluncuran Redmi 9 dan Poco F2 Pro, Selasa (14/7/2020).

Alvin mengatakan, Xiaomi Indonesia lebih mengutamakan pada peningkatan layar dan desain, sehingga bisa menyuguhkan pengalaman pengguna yang lebih baik dari seri sebelumnya.

Alvin tidak menampik bahwa di sebagian pasar, Redmi 9 dilengkapi NFC, misalnya saja di negara China, tapi banderol harganya juga lebih mahal.

Baca juga: Alasan Xiaomi Indonesia Tidak Hadirkan Fitur NFC di Redmi Note 9

Sementara untuk pasar Indonesia, Xiaomi ingin menjaga harga jual Redmi 9 tetap berada di bawah Rp 2 juta. Untuk calon konsumen yang membutuhkan NFC, Alvin meyarankan mereka untuk memilih Redmi Note Pro. Yang terbaru adalah Redmi Note 9 Pro. Model di bawahnya, Redmi Note 9, tak punya NFC.

"Xiaomi Indonesia telah membawa NFC ke mid-high-end Redmi Note Pro series, kami telah menyematkannya di sana," imbuh Alvin, seraya berjanji bakal mempertimbangkan untuk membekali seri ponsel entry level Xiaomi dengan NFC di kemudian waktu.

Meskipun tanpa NFC, Redmi 9 membawa beberapa peningkatan dibanding Redmi 8. Salah satunya di bagian desain sebagaimana yang dikatakan Alvin. Terutama desain punggung, di mana modul kamera dibingkai lingkaran yang memiliki tekstur berbeda.

Baca juga: Apa Itu NFC di Smartphone dan Kegunaannya

Kameranya sendiri kini berjumlah empat buah, tidak lagi hanya dua sebagaimana Redmi 8. Empat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera wide 13 MP (f/2.2), ultrawide 8 MP (f/2.2), makro 5 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4).

Layarnya juga lebih luas, yakni 6,53 inci dibanding 6,22 inci di Redmi 8. Redmi 9 dijual dengan harga Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3 GB dan internal 32 GB. Lalu varian RAM 4 GB dan internal 64 GB dijual dengan harga Rp 1.999.000.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X